Foto: Dok. OSC
Foto: Dok. OSC

Online Scholarship Competition 2020

Menyesuaikan Pandemi, Berikut Tahapan Seleksi OSC 2020

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Citra Larasati • 28 Agustus 2020 15:48
Jakarta: Sebanyak 440 beasiswa jenjang S1 dan S2 siap diperebutkan dalam Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id 2020. Kompetisi yang berlangsung di tengah pandemi covid-19 ini, berdampak pada berubahnya sejumlah tahapan seleksi OSC 2020.
 
Corporate Communications Medcom.id, Herfindo Gading mengatakan, tahun ini ada 19 perguruan tinggi swasta yang bergabung dan menyediakan 380 beasiswa S1. Sedangkan untuk jenjang S2 akan ada tujuh PTS yang menyediakan 60 beasiswanya untuk diperebutkan melalui OSC Medcom.id 2020.
 
"Total beasiswa S1 dan S2 ada 440 beasiswa dari Universitas dengan rekam jejak yang baik, dan terakreditasi A/B. Semua Beasiswa tersebut siap diperebutkan di OSC 2020," kata Findo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun persyaratan yang mesti dipenuhi calon peserta antara lain, untuk jenjang S1, setiap siswa kelas 12 SMS/SMK/MA/sederajat serta lulusan tahun sebelumnya boleh mengikuti kompetisi beasiswa online yang didukung oleh Citilink Indonesia ini. Syarat lainnya adalah, yang bersangkutan belum pernah kuliah dan belum menikah.
 
Baca juga:OSC Medcom.id 2020 Targetkan 65 Ribu Pendaftar
 
Sementara untuk program pascasarjana dengan usia maksimal 25 tahun. Khusus bagi guru atau tenaga pengajar akademik di Indonesia juga bisa mengikuti kompetisi ini asal memenuhi batas usia yakni maksimal 35 tahun.
 
Namun kata Findo, ada yang perlu diperhatikan oleh para peserta OSC tahun ini. Ada sejumlah perubahan dalam tahapan seleksi, guna menyesuaikan dengan kondisi pandemi covid-19.
 
Berikut tahapan seleksi OSC Medcom.id 2020 :
 
1. Seluruh peserta OSC baik untuk beasiswa S1 dan S2 dapat mendaftarkan diri di laman OSC.medcom.id, mulai 27 Agustus hingga 3 November 2020
 
2. Tahap pertama, peserta akan menghadapi online Test/Test Potensi Akademik melalui online. Test ini hanya akan dilakukan dalam satu hari, dan hanya berlangsung selama dua jam. Pembagian waktu ujian, akan diinformasikan kemudian
 
3. Selanjutnya, peserta yang lolos akan menghadapi tahap berikutnya. Yaitu, tahap Verifikasi data diri. Seluruh peserta yang lolos ke tahap ini akan diminta untuk mengirimkan berkas diri melalui e-mail yang akan di informasikan kemudian
 
4. Tahap akhir, ini merupakan hal yang baru di OSC. Karena biasanya OSC mengadakan offline test di satu tempat dengan mengumpulkan seluruh finalis, malam harinya dilanjut dengan awarding night.
 
Untuk tahun ini berbeda. Final test juga akan diadakan secara daring atau online. Tentunya dengan mekanisme yang lebih ketat dibandingkan tes tahap pertama. Akan ada Tes Potensi Akademik (TPA) tahap ke-2 dan wawancara melalui video call/Zoom.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif