Mendikbud Nadiem Makarim. Tangkapan Layar Zoom.
Mendikbud Nadiem Makarim. Tangkapan Layar Zoom.

Nadiem: Pandemi Percepat Karakter Merdeka Belajar

Pendidikan Virus Korona Kualitas Pendidikan Merdeka Belajar
Ilham Pratama Putra • 17 Juli 2020 12:12
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyebut banyak hikmah yang bisa diambil saat pandemi virus korona (covid-19) di sektor pendidikan. Termasuk, pembentukan karakter dalam program Merdeka Belajar yang diusungnya.
 
"Hikmah dari pandemi ini, menjadi kan kita karakter yang adaptif, inovatif dan kreatif. Perubahan struktural ini akan mendorong percepatan filsafat merdeka belajar," kata Nadiem dalam Disrupto Fest, Jumat, 17 Juli 2020.
 
Menurut dia, karakter itu akan mengantarkan dunia pendidikan Indonesia ke arah yang lebih baik. Nadiem bilang, pendidikan harus menjadi sebuah pengalaman menyenangkan untuk mencapai kemerdekaan belajar yang sesungguhnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dalam filsafat Merdeka Belajar, belajar menjadi sebuah pengalaman menyenangkan dan menempatkan guru sebagai fasilitator dalam kegiatan belajar," sambungnya.
 
Guna membentuk karakter yang dibutuhkan itu, insan pendidikan harus mengubah pola pikir. Nadiem menyebut, keleluasaan bisa menjadi pemantik pola pikir dalam pembelajaran.
 
Baca:Ditjen Dikti Bakal Tunjuk Sejumlah Agen Perubahan Antikorupsi
 
"Harus tercipta keamanan psikologis dalam sistem pendidikan kita. Termasuk dalam menghadapi kegagalan, agar guru dan murid terpacu untuk banyak tanya, banyak coba dan banyak karya," imbuh Nadiem.
 
Dia berharap semangat Merdeka Belajar dengan pembentukan karakter, menjadi sebuah solusi pendidikan. Hingga akhirnya, pendidikan menjadi satu budaya untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Unggul.
 
"Demi menjawab visi Presiden Joko Widodo, mengenai pembentukan SDM unggul kami di Kemendikbud menerjemahkan ke dalam misi merdeka belajar dengan karakter ini, yang terinspirasi filosofi bapak pendidikan nasional, Ki Hadjar Dewantara," ungkap Nadiem.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif