(Ilustrasi) Masuk perguruan tinggi negeri (PTN) kini tidak hanya lewat jalur SNMPT, SBMPTN, atau Mandiri saja. Dok: MI
(Ilustrasi) Masuk perguruan tinggi negeri (PTN) kini tidak hanya lewat jalur SNMPT, SBMPTN, atau Mandiri saja. Dok: MI

Tak Cuma SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri! Ini Jalur Lain Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Muhammad Syahrul Ramadhan • 31 Januari 2022 19:42
Jakarta: Masuk perguruan tinggi negeri (PTN) kini tidak hanya lewat jalur SNMPT, SBMPTN, atau Mandiri saja. Sejumlah PTN membuka jalur lain untuk penerimaan calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan studi di kampus mereka.
 
Selama, ini terdapat tiga jalur masuk PTN, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Mandiri. Untuk SNMPTN dan SBMPTN digelar oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Sedangkan Ujian Mandiri dilaksanakan oleh PTN.
 
Selain ketiga jalur tersebut, beberapa PTN membuka jalur prestasi atau golden ticket. Tujuannya untuk mendapatkan calon mahasiwa unggulan.

Golden Ticket UNAIR

Universitas Airlangga (UNAIR) salah satu PTN yang di 2022 ini membuka jalur golden ticket. Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) UNAIR, Achmad Solihin, golden ticket akan diberikan kepada pendaftar dengan prestasi unggulan, yang dibagi menjadi tiga kategori.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut ini kategorinya:
  • Prestasi akademik, misalnya prestasi di kejuaraan mata pelajaran dan lain sebagainya.
  • Prestasi organisasi, misalnya ketua OSIS.
  • Prestasi keagamaa, dalam agama apapun. tidak hanya Islam.
Selain memiliki keunggulan dalam kategori tersebut, pendaftar golden ticket juga harus mengunggah dokumen prestasi, serta melampirkan kartu peserta SNMPTN dengan pilihan pertama yaitu Universitas Airlangga.
 
“Pendaftar juga harus mendaftar dan memiliki akun Airlangga Education Expo (AEE) yang nantinya diselenggarakan secara hybrid pada 18 Februari mendatang,” imbuh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis tersebut.
 
Seluruh siswa di Indonesia dapat mendaftar mulai 16-20 Februari 2022 untuk mendapatkan golden ticket tersebut. “Semua siswa di Indonesia dapat mengikuti AEE, dan mendaftar untuk memperebutkan golden ticket, asalkan memenuhi persyaratan,” jelasnya.

PPKB dan Talent Scout UI

Tahun ini Universitas Indonesia (UI) kembali membuka jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) dan Talent Scouting. PPKB dan Talent Scouting adalah jalur undangan rapor untuk masuk UI di jenjang S1 paralel, D3 Vokasi, dan S1 Internasional.
 
Dilansir dari Facebook resmi UI, undangan yang diberikan bersifat terbatas. Hanya sekolah tertentu yang mengajukan permohonan terlebih dahulu bisa mengikuti penerimaan jalur PPKB dan Talent Scout ini.
 
Belum ada informasi jadwal pendaftaran PPKB dan Talent Scout tahun 2022 ini. Namun, secara teknis sama dengan tahun 2021, hal tersebut disampaikan Staf Penerimaan Mahasiswa Baru UI, Mikael Januardi Ginting.
 
"Jadi sedang dalam rencana. Secara teknis kurang lebih sama dengan tahun 2021," jelas Ginting dalam Sosialisasi SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Masuk UI 2022, beberapa waktu lalu.
 
(RUL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif