Mendikbud, Nadiem Makarim saat Live Instagram dengan Deddy Corbuzier. Foto: Instagram
Mendikbud, Nadiem Makarim saat Live Instagram dengan Deddy Corbuzier. Foto: Instagram

Kembali Punya Instagram, Nadiem Pilih Kelola Sendiri Akunnya

Pendidikan media sosial Nadiem Makarim Merdeka Belajar
Muhammad Syahrul Ramadhan • 26 Agustus 2020 14:59
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memutuskan untuk kembali bermain media sosial. Ia resmi mengumumkan akun Instagram Nadiem Makarim yakni @nadiemmakarim pada 17 Agustus 2020.
 
Nadiem pun perdana melakukan siaran langsung di akun Instagramnya tersebut bersama YouTuber Deddy Corbuzier. Dalam siaran langsung itu Nadiem meminta diajari bagaimana cara bermedsos oleh pesohor berpengikut 7,4 juta followers tersebut.
 
“Waktu Saya dulu enggak ada IG Live, Saya sedikit sosmed gaptek (gagap teknologi). Mas Deddy bagaimana sih caranya bisa IG live tapi tidak ter-distracted dengan komentar-komentar, itu bagaimana caranya?” tanya Nadiem dalam Live IG bersama Deddy Corbuzier, Rabu, 26 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih lanjut Nadiem menyampaikan, nantinya akun media sosialnya akan ia pegang sendiri tanpa menggunakan admin. Termasuk untuk membalas komentar-komentar di unggahannya maupun Direct Message (DM) yang masuk.
 
Baca juga: Nadiem Resmi Punya Akun Instagram, Banjir Komentar Soal PJJ
 
“Semua konten ada di Saya. Bukan (staf) tapi Saya kan enggak bisa ambil foto sendiri jadi kalau foto iya (pakai staf), konten, foto, komentar Saya sendiri. Saya sisihkan jeda waktu untuk baca. Untuk beberapa hal yang perlu diklarifikasi akan Saya komentari, tapi tidak bisa semua karena waktu Saya terbatas. Saya ingin lebih banyak mendengar melalui medsos,” ungkapnya.
 
Ketika ditanya kesiapan dalam menerima komentar pedas dari warganet, Nadiem mengaku sudah siap. Bahkan ia mengaku tidak akan sampai memperkarakan sesorang dengan Undang-Undang ITE karena komentar yang tidak tepat di IG-nya.
 
“Yah enggak lah. Kita sama-sama muda, mengenal format ini, sangat merdeka. Bagaimana saya mau mengkampanyekan Merdeka Belajar tapi kemerdekaan mengutarakan pendapat tidak dijaga,” ucapnya.
 
Ke depan, selain Instagram, Mas Menteri juga membocorkan akan segera memiliki akun sosial media lainnya. Salah satunya Twitter.

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif