Kepala Sekolah MAN Insan Cendekia Serpong, Persahini Sidik, Medcom.id/Intan Yunelia.
Kepala Sekolah MAN Insan Cendekia Serpong, Persahini Sidik, Medcom.id/Intan Yunelia.

Madrasah Kini Mulai Kebanjiran Peminat

Pendidikan Madrasah di Indonesia
Intan Yunelia • 11 Januari 2019 15:05
Jakarta:Stigma madrasah sebagai lembaga pendidikan yang kurang bergengsi dan peminatnya terbatas lambat laun terkikis. Kini semakin banyak madrasah tumbuh, dan memiliki kualitas baik, bahkan menjadi sekolah percontohan.
 
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Serpong adalah salah satu contohnya. Berkat kualitas sarana prasarana dan pembelajaran terbaik yang dimilikinya, sejak awal berdiri IC mampu membuktikan diri selalu menjadi madrasah percontohan yang diminati masyarakat.
 
Kepala Sekolah MAN Insan Cendekia Serpong, Persahini Sidik mengatakan, secara umum madrasah di Indonesia sudah banyak berubah. Tidak sedikit yang pada awal berdiri kesulitan mencari murid baru, sekarang justru sibuk menyeleksi karena diburu siswa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Madrasah reguler peminatnya sudah banyak, karena saya lihat madrasah sekarang itu justru harus menyeleksi siswa. Kalau sebelumnya banyak madrasah yang harus mencari, sekarang malah harus menyeleksi," kata Persahini saat ditemuiMedcom.iddi Kementerian Agama, Jalan Lapangan Benteng, Jakarta Pusat, Jumat, 11 Januari 2019.
 
Baca:Hanya 5% Madrasah Terakreditasi yang Berstatus Negeri
 
MAN IC merupakan salah satu madrasah yang tidak sempat mengalami bagaimana rasanya kesulitan mencari siswa. Sebab sejak didirikan pada 1996 lalu, MAN IC selalu melakukan penyeleksian yang ketat bagi siswa yang mendaftar. Karena peminatnya yang banyak.
 
"Di Serpong itu beda ya. Kita (MAN IC) memang menyeleksi dari dulu," ujar Persahini.
 
Saat ini banyak pelajar yang sudah bersekolah di SMP/Mts melanjutkan ke tingkat Madrasah Aliyah. Meski tak mengantongi data riil, namun ia meyakini jumlahnya meningkat signifikan.
 
"Tapi di beberapa madrasah yang saya tahu, mereka itu sudah mulai kewalahan terhadap keinginan masyarakat," pungkasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif