Ilustrasi/MI
Ilustrasi/MI

Sosialisasi Digelar Lebih Awal, Pemkab Pati Buka PPDB di 4 Jalur

Pendidikan pendidikan Sekolah PPDB PPDB 2022
Antara • 29 April 2022 17:33
Jakarta:  Pemerintah Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menyosialisasikan sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2022 untuk tingkat TK, SD dan SMP pada tahun pelajaran 2022/2023.  PPDB tahun ini bisa diikuti melalui empat jalur.
 
"Keempat jalur tersebut, yaitu jalur zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua, dan prestasi," kata Bupati Pati Haryanto saat sosialisasi PPDB di Pendopo Kabupaten Pati, Kamis, 28 April 2022.
 
Sejumlah kepala sekolah dan perwakilan musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) turut hadir secara terbatas, karena peserta lainnya mengikuti pengarahan secara daring.  Menurut dia, PPDB tahun ajaran 2022/2023 ini tidak berbeda jauh dengan PPDB yang dilaksanakan pada tahun pelajaran sebelumnya.
 
Hal itu berpedoman pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 serta Peraturan Bupati Nomor 21/2020 tentang Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru. Alasan sosialisasi digelar lebih awal, kata bupati, agar masing-masing kepala sekolah dan pihak-pihak terkait dapat mempersiapkan, supaya nantinya tidak terjadi permasalahan di lapangan.
 
Oleh karena itu, pihaknya mengambil langkah-langkah strategis untuk menyampaikan informasi terkait PPDB kepada orang tua, siswa serta masyarakat umum agar informasi tersebut dapat tersampaikan secara utuh dan jelas.
 
"Sehingga tujuan mendapatkan siswa yang baik maupun berprestasi, berjalan lancar tanpa ada persoalan," ujarnya.
 
Baca juga:  Cukup dari Rumah, PPDB 2022 di Temanggung Terapkan Digitalisasi Penuh
 
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati Winarto menambahkan sesuai amanah yang ada di peraturan bupati maupun Kemendikbud, di dalam penentuan jumlah korwil di masing-masing sekolah diawali dengan musyawarah.  Sementara peran dinas pendidikan, kata dia, untuk mengoordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan PPDB ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif