NEWSTICKER
Direktur Produk dan Kerja sama Ruangguru, Iman Usman (kiri) dan Pendiri Ruang Guru, Belva Devara (Kanan). Foto: Tangkapan layar youtube/ Ruangguru Bimbel Online.
Direktur Produk dan Kerja sama Ruangguru, Iman Usman (kiri) dan Pendiri Ruang Guru, Belva Devara (Kanan). Foto: Tangkapan layar youtube/ Ruangguru Bimbel Online.

Sekolah Diliburkan, Ruangguru Laku Keras Kalahkan TikTok

Pendidikan Virus Korona
Ilham Pratama Putra • 16 Maret 2020 14:21
Jakarta: Usai Presiden Joko Widodo dan sejumlah kepala daerah memberi instruksi kepada siswa untuk belajar di rumah, aplikasi belajar Ruangguru "laku keras". Bahkan tren Ruangguru pada App Store mengalahkan aplikasi musik dan video yang tengah digandrungi, Tiktok.
 
Pendiri Ruangguru, Adamas Belva Syah Devara menyebut, hal ini pertama kali terjadi. Ruangguru berada di peringkat pertama dalam data pencarian aplikasi di Indonesia.
 
Menurut Belva hal ini tak lepas dari dorongan pemerintah dan keinginan siswa untuk belajar di rumah. Dia bersyukur siswa di Indonesia masih semangat belajar di tengah meluasnya penyebaran virus korona atau coronavirus disease (covid-19).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat ini sudah ada ratusan ribu siswa yang tadi pagi live streaming sekolah online Ruangguru," kata Belva dalam teleconference Ruangguru, Senin 16 Maret 2020.
 
Bahkan siswa sudah mulai login 30 menit sebelum kelas dibuka pada pukul 08:00 WIB. Dia memastikan layanan yang digratiskan ini mampu menampung jutaan siswa selama masa libur.
 
"Kita juga bisa menghandel empat juta user sekaligus. Jadi seharusnya akan stabil. Sampai sekolah normal lagi," lanjut dia.
 
Ruangguru menyediakan fitur Sekolah Online Ruangguru secara gratis. Hal ini guna menjawab tantangan belajar daring yang diterapkan pemerintah.
 
Belajar daring gratis di Ruangguru tersedia mulai 16 Maret 2020 hingga waktu yang belum ditentukan. Kelas dimulai dari pukul 08:00 hingga 12:00.
 
Belva menjelaskan akan tersedia 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum nasional. Mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS), yang dipandu oleh para Master Teachers Ruangguru.
 
"Para siswa yang belum dapat mengikuti sesi di pagi hari dapat juga mengakses rekaman Sekolah Online yang dapat diakses pada hari yang sama setelah pukul 12.00 WIB," lanjut Belva.
 
Sementara akses gratisnya disediakan oleh provider telekomunikasi, Telkomsel. Telkomsel memberikan 30 gigabyte data secara cuma-cuma, khusus untuk mengakses Ruangguru selama 30 hari ke depan.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif