Kampus UIN Sunan Gunung Djati. Foto: Dok. Kemenag
Kampus UIN Sunan Gunung Djati. Foto: Dok. Kemenag

Selamat! UIN Sunan Gunung Djati PTKN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2022

Citra Larasati • 10 Agustus 2022 15:49
Jakarta:  Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung kembali bertengger di peringkat pertama Webometrics di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) se-Indonesia.  Webometrics merupakan salah satu perangkat untuk memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh perguruan tinggi terbaik di dunia. 
 
Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Mahmud mengatakan, peringkat webometrics UIN Bandung terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada Januari 2020, berada di peringkat ke-54  di antara perguruan tinggi se-Indonesia dan posisi ke-5 di PTKN. Pada 2021 menempati posisi ke-36 dan pertama di PTKN. 
 
"Alhamdulillah, ini menjadi kado terindah di tengah ikhtiar rekognisi internasional. Kita masih menduduki posisi tertinggi di lingkungan PTKN. Secara nasional menduduki posisi ke-23. Ini semua terjadi atas kesadaran dan dukungan semua sivitas akademika dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berbasis web, peningkatan publikasi ilmiah baik yang terakreditasi nasional maupun bereputasi internasional,” ujar Mahmud, Rabu, 10 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rektor UIN Bandung menambahkan, pencapaian ini berkat hasil kerja sama dan sama-sama bekerja semua pihak di lingkungan UIN SGD Bandung.  "Mudah-mudahan ikhtiar meningkatkan marwah kampus tercinta ini terus mendapatkan dukungan dari civitas akademika. Bukan cuma saat ini, tetapi juga dimasa yang akan datang. Kita semua tetap disiplin dengan merujuk pada regulasi atau kebijakan yang sudah dicanangkan agar aman, nyaman, bermutu dan berkelas," jelasnya. 

Tiga Indikator

Perolehan peringkat webometrics itu didasarkan atas tiga indikator. Pertama, impact (50 persen), dinilai dari kinerja website dalam jumlah tautan/link (backlink/domain refferal) website
 
Penilaiannya berdasarkan ahrefs dan majestic. Kedua, openness (bobot 10 persen), kriteria ini merupakan jumlah rujukan pada artikel jurnal dosen. Datanya bersumber dari Google Scholar. Ketiga, excellence  (bobot 40 persen), jumlah rujukan dari artikel jurnal dosen di Scimago. 
 
Wakil Rektor UIN Bandung, Rosihon Anwar merasa bersyukur atas perolehan prestasi yang membanggakan. “UIN Bandung peringkat 23 di Indonesia, 2562 dunia dengan rincian 2795 impact, 1.460 openness dan 3.797 excellence,” paparnya.
 
Pemeringkatan Webometrics ini, seringkali dijadikan acuan bagi para lulusan SMA/MA maupun mahasiswa untuk melanjutkan kuliah di UIN SGD Bandung. "Semoga upaya mewujudkan visi UIN SGD Bandung unggul dan kompetitif di Asia Tenggara 2025 semakin terealisasi," pungkasnya.

Daftar 10 PTKN Terbaik Versi Webometrics Juli 2022:

  1. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung
  2. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
  3. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya
  4. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung
  5. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta
  6. Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang
  7. Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga
  8. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo
  9. Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry Aceh
  10. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya
Baca juga:  Ini 10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrrics

 
 
(CEU)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif