Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Praptono. Foto: Tangkapan Layar Zoom
Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Praptono. Foto: Tangkapan Layar Zoom

Kemendikbud Minta Praktisi Bantu Sentuh Wilayah Marjinal

Ilham Pratama Putra • 08 April 2021 12:06
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berharap organisasi hingga praktisi mengambil peran dalam memajukan dunia pendidikan. Khususnya kepada guru di sekolah yang berada pada daerah terpinggirkan atau marjinal.
 
"Potensi dari praktisi ataupun organisasi ini bisa diberdayakan dalam mempercepat pendidikan dan kebudayaan kita," kata Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Praptono dalam webinar Inovasi Praktik Mengajar Calon Guru, Kamis 8 April 2021.
 
Para praktisi maupun organisasi itu nantinya juga diharapkan bisa memberikan pengetahuan dan pengalaman mereka kepada para guru. Dengan begitu, tingkat profesionalitas para guru nantinya juga dapat meningkat.

"Apa yang (praktisi) kembangkan agar banyak memberikan perhatian dalam peningkatan profesionalisme guru," jelasnya.
 
Baca juga:  Ibu Guru, Kapan Masuk Sekolah Lagi?
 
Dorongan peran organisasi dan praktisi tersebut diharapkan dapat menjangkau wilayah yang lebih luas. Jangan lagi upaya pengembangan pendidikan selalu terpusat di pulau Jawa.
 
"Inginnya meluas sampai wilayah Timur, Papua, Sulawesi, Maluku ini adalah jadi sangat baik untuk kita memberikan program afirmatif. Sehingga ketertinggalan kualitas pendidikan kita bisa kita percepat," sambungnya.
 
Pemerataan pendidikan harus jadi semangat. Organisasi dan praktisi pendidikan diyakini mampu membuka akses pendidikan lebih baik.
 
"Sehingga mutu kita akan meningkat dan terealisasi dengan semangat merdeka belajar," tutup Praptono.

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(CEU)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan