Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Ribuan Sekolah di Indonesia Tak Tersentuh Listrik

Pendidikan Virus Korona Metode Pembelajaran
Citra Larasati • 19 Mei 2020 11:07
Jakarta: Pandemi covid-19 menuntut dunia pendidikan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar dari rumah secara daring. Ironisnya, tidak seluruh satuan pendidikan atau sekolah di Indonesia memiliki akses yang baik terhadap internet, bahkan listrik.
 
Anggota Komisi X DPR RI, Ferdiansyah mengungkapkan data, bahwa Sekolah Dasar merupakan satuan pendidikan yang paling banyak jumlahnya di Indonesia. Di jenjang ini pula, sekolah yang tidak memiliki akses terhadap listrik yang paling banyak.
 
"Setidaknya terdapat 6.604 dari 116.783 SD tak memiliki fasilitas listrik," kata Ferdiansyah dalam Webinar Edutalk 'Efektivitas Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19 yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Senin, 18 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menyusul di jenjang SMP sederajat dan SMA sederajat, 817 SMP dan 86 satuan pendidikan SMA juga tanpa akses listrik. Secara keseluruhan terdapat 179.097 satuan pendidikan yang sudah dialiri listrik juga dapat mengakses internet.
 
Baca juga:Pemerhati Usul Tahun Ajaran Baru Diundur Hingga Januari 2021
 
Kemudian sebanyak 33.227 satuan pendidikan memiliki listrik namun tidak dapat mengakses internet. "Sisanya, yakni 7.552 satuan pendidikan tak tersentuh listrik, apalagi internet. Kondisi inilah yang banyak menghambat siswa dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh,"tegas politis fraksi Golkar ini.
 
Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UMJ, Ismah mengatakan, kesuksesan pembelajaran jarak jauh hanya bisa dicapai jika semua pihak saling mendukung dan memberikan motivasi. "Sebab persoalan ini tidak hanya dihadapi Indonesia, namun juga telah menjadi tantangan global," kata Ismah.
 
Ia mengatakan, dalam dua bulan ini ia harus merangkap peran. Mulai dari menjadi dosen juga guru bagi anak-anaknya yang masih SD, bahkan sampai menggantikan tugas Asisten Rumah Tangga (ART). Hal itu merupakan salah satu dampak yang harus diterima oleh semua pihak yang sektor kerjanya terdampak pandemi covid-19.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif