Pelajar yang akan mewakili Indonesia di International Junior Science Olympiad 2022. Foto: Dok. Puspresnas
Pelajar yang akan mewakili Indonesia di International Junior Science Olympiad 2022. Foto: Dok. Puspresnas

40 Pelajar Ikut Seleksi Tahap II untuk Wakili Indonesia di IJSO 2022

Citra Larasati • 28 September 2022 12:42
Jakarta:  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menggelar Seleksi Tahap II The 19th International Junior Science Olympiad (IJSO) Tahun 2022 secara onsite pada Senin, 26 September 2022. Sebanyak 40 peserta didik lolos untuk bersaing mewakili Indonesia di ajang internasional tersebut.
 
“Melalui seleksi ini diharapkan dapat menemukan yang terbaik dari yang terbaik. Persiapan yang matang membuat hasil akan maksimal. Adik-adik sekalian, seleksi ini juga memberikan pengalaman dan bekal yang berharga untuk waktu mendatang. Semoga harapan adik-adik bisa terwujud untuk mewakili Indonesia di IJSO tahun ini,” jelas Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi dilansir dari laman Puspresnas, Rabu, 28 September 2022.
 
Pusat Prestasi Nasional sebelumnya telah mengadakan Seleksi Tahap I secara daring pada 19 September 2022 dengan jumlah 94 peserta didik dari 24 Provinsi di Indonesia. Dari Seleksi Tahap I tersebut terjaring 40 peserta dari 16 Provinsi untuk mengikuti Seleksi Tahap II.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tercatat Provinsi yang mengikuti Seleksi Tahap II yaitu Aceh, Sumatra Utara, Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Tengah.
 
Kepala Sub Bagian Tata Usaha Pusat Prestasi Nasional, Muslih, menerangkan, 40 peserta yang mengikuti Seleksi Tahap II akan dijaring sebanyak 12 peserta didik untuk mengikuti Tahap Pembinaan pada tanggal 2-16 Oktober 2022. Dari tahap tersebut akan diseleksi kembali menjadi 6 peserta didik sebagai perwakilan Indonesia di ajang IJSO.
 
“Ajang IJSO ini sangat penting. Hasil seleksi onsite dari 40 peserta akan kita ambil 12 peserta dan kita lakukan pembinaan. Selanjutnya dari 12 peserta akan dijaring lagi menjadi 6 peserta. Tentu hasil seleksi ini agar menghasilkan anak-anak terbaik dan berkualitas untuk mengikuti IJSO,” terang Muslih.
 
Melihat komposisi para peserta seleksi berdasarkan daerah, dapat dilihat peserta dari berbagai daerah, termasuk di pelosok Indonesia. Ini merupakan suatu kebanggaan dalam rangka penguatan pendidikan di seluruh Indonesia.
 
Di daerah-daerah pelosok sudah mulai bangkit memberikan daya saing nasional maupun internasional,” tambah Muslih.
 
Sebelumnya, para peserta merupakan hasil penelusuran Pusat Prestasi Nasional berdasarkan hasil Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2021 dan 2022 dengan persyaratan peserta berusia 16 tahun ke bawah. Peserta dalam seleksi ini akan mengikuti serangkaian tes seperti ujian mata pelajaran Biologi, Fisika, dan Kimia sesuai dengan bidang yang akan dilombakan di ajang IJSO.
 
Sebagai informasi, IJSO merupakan ajang kompetisi bergengsi yang mewadahi para pelajar SMP dalam bidang sains tingkat dunia. Tak hanya itu, selama bertahun-tahun IJSO bertujuan memberikan dorongan positif bagi pendidikan sains dan matematika di tingkat sekolah khususnya jenjang SMP. Pada tahun ini IJSO akan dilaksanakan pada 2-12 Desember 2022 di Bogota, Kolombia.
Baca juga:  Dorong Talenta Seni Pelajar Lewat Kearifan Lokal di FLS2N 2022

 
(CEU)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif