Ilustrasi. Foto:  Medcom.id/M. Rizal
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/M. Rizal

IJIMS Masuk 50 Jurnal Terbaik Dunia Versi Scopus

Pendidikan Publikasi Ilmiah
Muhammad Syahrul Ramadhan • 18 Maret 2020 19:26
Jakarta: Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies (IJIMS) menduduki peringkat ke-50 dari 456 jurnal terbaik dunia versi Scopus di bidang Religious Studies atau Kajian Keagamaan.
 
Jurnal yang dikelola oleh Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga sukses mengungguli jurnal-jurnal ilmiah terbitan Johns Hopkins University Press, Cambridge University Press, University of California Press, dan Oxford University Press.
 
Rektor IAIN Salatiga, Zakiyuddin Baidhawymengungkapkan, IJIMS yang terbit sejak 2011 ini telah menjadi Center of Excellent untuk jurnal-jurnal di kawasan Asia dan dunia. Dengan peringkat ini, kata dia memantapkan IJIMS yang sudah masuk terbitan ke-34 ini sebagai jurnal ilmiah di bidang Religious studies yang bereputasi baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pencapaian ini menandakan bahwa IJIMS telah memiliki impact factor dan kontribusi nyata dalam perkembangan ilmu pengetahuan di bidangnya. Sudah sepantasnya hal ini jadi bahan yang diperhitungkan dalam transformasi IAIN Salatiga menjadi UIN Salatiga," jelas Zakiyuddin dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu, 18 Maret 2020.
 
Torehan apik ini diapresiasi Plt. Dirjen Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin. Ia mengungkapkan bahwa ini bukti Perguruan Tinggi Keagamaan Islam mampu bersaing di tingkat global. ''Tentu, ini menjadi motivasi kuat agar seluruh keluarga besar PTKI untuk tanpa henti senantiasa melakukan inovasi dan kreativitas menggapai prestasi-prestasi di berbagai bidang,” ungkap Kamaruddin.
 
Sementara itu, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Arskal Salim menyampaikan jurnal adalah media akademik yang menjadi indikator kuat akan kualitas riset, dinamika pemikiran, dan kolaborasi global yang dilakukan oleh PTKI.
 
"Ini juga membuktikan tingkat keseriusan dan keuletan yang luar biasa, terutama yang dilakukan oleh IAIN Salatiga,” tuturnya.
 
Sebagai informasi IJIMS pernah meraih peringkat ke-2 jurnal ilmiah terbaik se-Asia di bidang kajian keagamaan atau religious studies versi Scimago Jurnal Rank. Selain itu, IJIMS juga berhasil mengantar IAIN Salatiga mendapatkan penghargaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Terbaik Bidang Penelitian dan Publikasi Ilmiah dalam Pengelolaan Jurnal Internasional 2019 dari Kementerian Agama.
 
IJIMS jugamendapat penghargaan sebagai jurnal bereputasi internasional The Best Quartile 1 (Q1) pada ajang Biannual Conference on Research Result (BCRR) 2019 di UIN Gunung Djati Bandung.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif