Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani
Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani

Kriteria Jabatan Eselon III dan IV yang Dipangkas

Pendidikan pejabat eselon
Muhammad Syahrul Ramadhan • 30 Oktober 2019 19:47
Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan memangkas jabatan eselon III dan IV. Ini dilakukan guna membangun birokrasi yang dinamis, efisien, sesuai dengan keinginan Presiden Joko Widodo.
 
Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PAN-RB, Rini Widyantini mengatakan, saat ini Kemenpan RB masih melakukan pemetaan eselon III dan IV mana yang bisa dipangkas.
 
"Pemetaan fungsi-fungsi organisasi atau fungsi mana saja yang memiliki relevansi terhadap jabatan fungsional kemudian setelah itu melakukan pemilihan jabatan eselon III dan IV mana yang saja bisa dialihkan," kata Rini dalam konferensi pers di KemenPAN RB, Jakarta Pusat, Rabu, 30 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Akan tetapi kebijakan tersebut terang Rini, masih akan dibicarakan dengan Kementerian/Lembaga. Karena tidak semua eselon III dan IV yang ada di organisasi dipangkas.
 
Ia pun menyebutkan, kriteria eselon III dan IV yang bisa dipangkas, yakni jabatan dengan tugas dan fungsi untuk melaksanakan penyiapan analisa bahan kebijakan. Kemudian melaksanakan koordinasi pemantauan kebijakan.
 
"Melaksanakan tugas jenis tertentu, melaksanakan tugas yang sesuai jabatan fungsional dan tidak berkedudukan sebagai kepala satuan kerja," ujarnya.
 
Rini menyebutkan, ada juga jabatan yang tidak bisa dipangkas. Terutama yang berkaitan dengan pengambilan kebijakan. "Kriteria tidak dapat dialihkan itu tugas fungsi yang terkait kewenangan otoritas, yaitu pengambilan keputusan atau penetapan legalisasi keputusan kebijakan atau dokumen," terang Rini.
 
Kemudian lanjutnya, Kepala satuan kerja yang mempunyai kewenangan dan bertanggung jawab penggunaan anggaran. "Misalnya kepala-kepala Kanwil, Satker, itu masih bisa dilanjutkan," terangnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif