Ilustrasi. Media Indonesia.
Ilustrasi. Media Indonesia.

Kesenjangan Pembelajaran Antara Si Kaya dan Miskin Meningkat 10%

Ilham Pratama Putra • 03 Januari 2022 10:43
Jakarta: Kesenjangan pembelajaran meningkat selama terjadinya pandemi covid-19 di Indonesia. Utamanya, antara peserta didik dari keluarga kaya dan keluarga miskin.
 
"Hasil studi menunjukkan kesenjangan pembelajaran antara anak-anak dari kelompok dari keluarga kaya dengan keluarga miskin ini juga semakin terjadi kesenjangan, meningkat 10 persen," kata Sekjen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti, dalam webinar kesiapan pelaksanaan PTM terbatas, 3 Januari 2022.
 
Suharti menjelaskan, jika kesenjangan itu terjadi adanya perbedaan dalam mengakses pembelajaran di tengah pandemi. Anak dari keluarga kaya lebih mampu belajar dari rumah, karena memiliki fasilitas yang mendukung untuk mengakses pembelajaran daring.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk mereka yang dari kelompok mampu punya sumber daya yang memungkinkan mereka belajar dari rumah, orang tuanya juga rata-rata juga berpendidikan, mampu untuk melakukan bimbingan pada anak mereka," tuturnya.
 
Baca: Yogyakarta Memutuskan Tak PTM 100% Dulu Meski Sudah Memenuhi Syarat
 
Sementara, anak dari keluarga tidak mampu, akan kesulitan medapatkan fasilitas belajar daring. Orang tua dari keluarga yang kurang mampu juga dinilai memiliki keterbatasan dalam mendampingi anak belajar.
 
"Mereka sendiri juga umumnya tidak cukup pendidikannya sehingga tidak bisa memberikan bimbingan yang sebaik mereka yang dari kelompok mampu," lanjut Suharti.
 
Kesenjangan ini, kata Suharti, juga mempengaruhi penurunan kemampuan siswa. Akibatnya terjadi learning loss yang sangat signifikan selama pandemi.
 
"Bahwa penurunan kemampuan siswa yang terjadi selama periode kemarin mencapai sampai 0,8 sampai 1,3 tahun pembelajaran. Ini sangat besar sekali dengan hanya pandemi yang belum juga dua tahun tetapi penurunannya bisa mencapai bahkan lebih dari satu tahun," pungkasnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif