Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahillah
Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahillah

YLKI: Wacana Sekolah Kena PPN Keliru dan Harus Dibatalkan

Pendidikan pendidikan Kebijakan pendidikan Biaya Pendidikan
Ilham Pratama Putra • 11 Juni 2021 10:23
Jakarta: Anggota Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Bidang Pengaduan dan Hukum, Rio Priambodo menyebut rencana pemerintah mengenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) terhadap jasa pendidikan sangat keliru. Rio mengatakan, rencana itu harus dibatalkan.
 
"Wacana mengenakan PPN pada sektor pendidikan merupakan hal yang keliru dan tentu harus dibatalkan," tegas Rio kepada Medcom.id, Jumat, 11 Juni 2021.
 
Menurutnya, pemeritah seharusnya memberikan kemudahan dengan meringankan biaya pendidikan. Bukan malah membebankan pajak kepada masyarakat untuk mengakses pendidikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, pembebanan pajak untuk pendidikan tidak sesuai dengan amanat Undang-Undang. Seharusnya, negara hadir untuk memberikan pendidikan bagi seluruh masyarakat.
 
"Bukan malah jadi beban. Pemerintah harus hadir dalam menyelenggarakan pendidikan yang layak bagi masyarakatnya sesuai dengan mandat UUD 1945," terang dia.
 
Baca: Wacana Sekolah Kena PPN, Angka Putus Sekolah Berpotensi Meningkat
 
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda juga menyebut jika wacana pemerintah ini akan berdampak serius. Salah satunya, biaya pendidikan bakal kian mahal.
 
Sebelumnya, pemerintah berencana mengubah ketentuan terkait PPN melalui rencana perubahan revisi kelima Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP).
 
Dalam draf RUU KUP, sejumlah barang dan jasa yang sebelumnya tidak dikenai PPN rencananya akan dihapus. Salah satunya, jasa pendidikan yang dikeluarkan dari daftar jasa yang sebelumnya tidak dikenakan PPN.
 
Saat ini, jasa pendidikan yang bebas PPN di antaranya yaitu pendidikan sekolah seperti PAUD, SD-SMA, perguruan tinggi, dan pendidikan luar sekolah.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif