Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Bantuan Kuota Internet Disalurkan Besok, Kemendikbudristek Kekurangan 6 Juta Data

Pendidikan Sekolah Pembelajaran Daring Anggaran Pendidikan Digitalisasi Sekolah Subsidi Kuota Pembelajaran jarak jauh
Ilham Pratama Putra • 10 September 2021 16:24
Jakarta:  Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bakal menyalurkan bantuan kuota internet untuk guru, siswa, mahasiswa dan dosen mulai besok, 11 September 2021. Bantuan kuota tersebut akan diberikan setiap bulannya hingga November 2021.
 
"Tanggal 11 kuota akan dikirim," ujar Mendikbudristek, Nadiem Makarim di SMA N 71 Jakarta Timur, Jumat, 10 September 2021.
 
Lebih lanjut, Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Paud Dikdasmen) Kemendikbudristek, Jumeri mengatakan pihaknya masih kekurangan data penerima bantuan kuota internet. Seharusnya ada 26 juta orang yang akan mendapat bantuan kuota selama tiga bulan ke depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"10 hari lalu masih sekitar 20 jutaan (yang terdata), kita butuh sekitar 26 juta, masih kurang sedikit," sebut Jumeri di SD Santo Fransiskus III Jakarta Timur, Jumat 10 September 2021.
 
Namun pihaknya tak akan menunggu data 6 juta tersebut masuk ke dalam sistem. Pihaknya tetap akan mengirimkan bantuan kuota dengan data yang ada.
 
"Nanti sambil jalan, kita eksekusi dulu yang sudah masuk, nanti yang berikutnya di bulan berikutnya kita salurkan. Kalau diperpanjang nanti diprotes lagi kok enggak kekirim, padahal karena lambat," terangnya.
 
Dia mengakui ada beberapa kendala pendataan yang dilakukan kepala sekolah. Di antaranya data yang diunggah kepala satuan pendidikan di Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) pada vervalponsel.data.kemdikbud.go.id (untuk PAUD, pendidikan dasar, dan menengah) atau kuotadikti.kemdikbud.go.id (untuk jenjang pendidikan tinggi)  .
 
"Kan misal di Juli ini ada yang lulus ada yang masuk, mungkin komposisi berubah, mungkin kelas 3 kelas 6 sudah keluar dari sekolah itu, kepala sekolah belum punya daftar yang baru," tutupnya.
 
Adapun besaran kuota yang bakal diterima siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ialah sebesar tujuh gigabyte (GB) per bulan. Sedangkan siswa jenjang pendidikan dasar dan menengah akan memperoleh volume kuota sebesar 10 GB per bulan.
 
Baca juga:  Besok, Kemendikbudristek Umumkan Kelanjutan Bantuan Kuota Internet
 
Sementara untuk guru PAUD, guru jenjang pendidikan dasar dan menengah akan memperoleh 12 GB per bulan. Untuk mahasiswa dan dosen, akan memperoleh kuota sebanyak 15 GB per bulan.
 
Bantuan kuota internet ini akan disalurkan mulai September sampai November 2021. Periode penyaluran dilakukan setiap tanggal 11-15 di tiap bulannya.
 
Kuota gratis internet ini berlaku dan bisa digunakan selama 30 hari sejak diterima. Keseluruhan bantuan kuota internet merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali yang diblokir oleh Kemenkominfo.
 
Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif