Peminat Bahasa Indonesia di Jepang Meningkat
Ahli Bahasa Indonesia, Kyoko Funada saat berkunjung ke kantor Media Indonesia - Medcom.id/Intan Yunelia.
Jakarta: Hubungan bilateral Indonesia-Jepang dari tahun ke tahun semakin terjalin erat. Rasa ingin tahu masyarakat Jepang terhadap budaya tanah air semakin tinggi ditunjukan dengan besarnya minat masyarakat Jepang mempelajari Bahasa Indonesia. 

"Ya, sekarang ini minat masyarakat Jepang tinggi untuk belajar bahasa Indonesia," kata Ahli Bahasa Indonesia, Kyoko Funada saat berkunjung di kantor Media Indonesia, Jakarta Barat, Rabu, 31 Oktober 2018.


Dosen Kanda University ini menyebutkan kini semakin banyak universitas di negeri matahari terbit menawarkan program studi Bahasa Indonesia. Jumlah peminatnya pun rata-rata 20 hingga 40 mahasiswa pertahun.

Minat mempelajari Bahasa Indonesia beragam. Mulai dari rasa ingin tahu budaya nasional hingga kepentingan ekonomi dan bisnis di tanah air.

"Mereka antusias belajar bahasa  Indonesia guna lebih mengenal Indonesia diantaranya untuk  berbisnis bidang ekonomi dan belajar budaya Indonesia yang dikenal kaya dan beragam," ujar Kyoko.

Demi memperdalam budaya Indonesia, beberapa universitas di Jepang pun menyediakan fasiltas alat-alat kesenian tanah air. Jadi tak hanya bahasa, kesenian tari, musik gamelan pun turut diajarkan. 

Demi belajar langsung budayanya, kampus di Jepang rutin mengadakan studi visit atau kursus singkat mahasiswanya ke tanah air. Salah satu kota tujuannya ke Malang, Jawa Timur.

"Mahasiswa kami belajar langsung dengan masyarakat Indonesia di Malang. Belajar bahasa dan budaya sehingga mereka semakin mahir dan semangat belajar bahasa Indonesia," papar Kyoko.

Acara kunjungan ini dihadiri oleh Anggota Dewan Redaksi Media Group, Djadjat Kristarto, Wakil Pemimpin Redaksi Medcom.id, Khudori dan Redaktur Bahasa, Donny Ciptonugroho.



(JMS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id