Ilustrasi. Foto: Medcom/Kuntoro Tayubi
Ilustrasi. Foto: Medcom/Kuntoro Tayubi

Anggaran Pendidikan 2021 Rp549,5 triliun, Fokus Meningkatkan Kualitas SDM

Pendidikan Kualitas Pendidikan Anggaran Pendidikan Sidang Tahunan MPR RI 2020
Muhammad Syahrul Ramadhan • 15 Agustus 2020 10:24
Jakarta: Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah mengalokasikan anggaran Rp549,5 triliun untuk pendidikan pada 2021. Anggaran ini difokuskan untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).
 
"Anggaran pendidikan tahun 2021 sebesar Rp549,5 triliun atau 20 persen dari APBN akan difokuskan untuk meningkatkan kualitas SDM," kata Jokowi saat menyampaikan Nota Keuangan pada Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat, 14 Agustus 2020.
 
Selain peningkatan kualitas SDM, Jokowi mengatakan, pemerintah juga fokus pada peningkatan kemampuan adaptasi teknologi dan produktivitas melalui pengetahuan ekonomi di era industri 4.0. Guna mewujudkan itu, pemerintah akan melakukan reformasi pendidikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi mengatakan, reformasi pendidikan bisa dimulai dari transformasi kepemimpinan kepala sekolah. Kemudian, transformasi pendidikan dan pelatihan guru. "Mengajar sesuai tingkat kemampuan siswa, standar penilaian global, serta kemitraan daerah dan masyarakat sipil," jelasnya.
 
Jokowi juga menyebut ada kebijakan lain di sektor pendidikan, seperti penguatan program vokasi dan kartu prakerja. Selain itu, penguatan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
 
Baca:Jokowi: Sistem Pendidikan Harus Unggul dalam Inovasi dan Teknologi
 
Lalu, ada juga kebijakan untuk meningkatan efektivitas penyaluran bantuan pendidikan Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Program Indonesia Pintar (PIP) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).
 
"Percepatan peningkatan kualitas sarana prasarana pendidikan, terutama untuk daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar), serta penajaman KIP Kuliah dan pendanaan pendidikan tinggi," ucap mantan Wali Kota Solo itu.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif