Para guru dan sekolah peraih penghargaan
Para guru dan sekolah peraih penghargaan

Guru dan 'Sekolah Sehat' Raih Penghargaan

Pendidikan Penghargaan Pendidikan
Muhammad Syahrul Ramadhan • 01 November 2019 13:59
Jakarta: Southeast Asian Ministers of Education Regional Centre for Food and Nutrition (Seameo Recfon) menggelar Penghargaan “Gizi Untuk Prestasi”. Penghargaan ini diberikan kepada guru dan sekolah yang telah berupaya dalam mengimplementasikan program "Gizi untuk Prestasi" di sekolahnya.
 
Direktur Seameo Recfon, Muchtaruddin Mansyur mengatakan, penghargaan ini merupakan bagian dari Program Gizi untuk Prestasi. Program Sekolah Sehat yang terintegrasi dalam kegiatan edukasi gizi melalui berbagai jenis mata pelajaran, jam pembiasaan, kegiatan ekstra dan kokurikuler.
 
Muchtaruddin menyebut, kegiatan ini diikuti 253 guru dari 84 sekolah dari tingkat SD hingga SMA/SMK sederajat. Para peserta ini mengirimkan kegiatan program Gizi Untuk Prestasi yang telah diimplementasikan di sekolahnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada tiga kategori penghargaan yang diberikan, yakni kategori Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan. "Keseluruhan tim kemudian diseleksi menjadi 30 finalis yang diundang ke Jakarta untuk mempresentasikan ide mereka di hadapan para juri. Para finalis berasal dari 27 kabupaten di 12 provinsi di Indonesia," kata Muchtaruddin dalam sambutannya di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Jumat, 1 November 2019.
 
Sementara itu, Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud, Poppy Dewi Puspitawati mengatakan, penghargaan ini merupakan kegiatan bagus untuk memotivasi guru dan tenaga kependidikan.
 
Dengan begitu harapannya sekolah bisa menerapkan pola hidup sehat. "Kita ingin anak anak menanamkan pola hidup sehat. Salah satunya pengetahuan tentang gizi, tentang kebersihan dan lainnya," ujar Popy.
 
Ia pun berharap, naskah para finalis bisa bisa dijadikan sebuah buku untuk best practices. Sehingga bisa diterapkan di seluruh sekolah di Indonesia.
 
Karena itu Seameo Recfon tidak hanya membuat buku cetak, tapi juga digital, dimasukan ke dalam laman Rumah Belajar. "Itu bisa diadaptasi langsung, tetapi kalau muatan lokalnya beda bisa diadaptasi sesuai kebutuhan. Pendekatan beda, harus diadaptasi, tapi bisa langsung diadopsi," kata Popy.
 
Berikut Sekolah yang berhasil meraih penghargaan “Gizi Untuk Prestasi”.
 

Kategori Sekolah Dasar:
 

Juara 1 SD Negeri Motoboi Kecil
 
Juara 2 SD Negeri 070974 Gunungsitoli
 
Juara 3 SD Negeri Mejayan
 

Kategori Sekolah Menengah Pertama-Sekolah Menengah Atas:
 

Juara 1 SMP Negeri Sidoharjo Sragen
 
Juara 2 SMA Negeri Pati Jawa Tengah
 
Juara 3 SMP Negeri 7 Bojonegoro
 

Kategori Sekolah Menengah Kejuruan
 

Juara 1 SMK Tunas Harapan Pati
 
Juara 2 SMK Wikrama Bogor
 
Juara 3 SMK Negeri 5 Banjarmasin
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif