Pemilihan Rektor UGM. DOK UGM
Pemilihan Rektor UGM. DOK UGM

Seleksi Masih Berlangsung, 6 Calon Rektor UGM Ikut Debat Aspirasi

Pendidikan Pemilihan Rektor UGM Pemilihan Rektor UGM
Renatha Swasty • 27 April 2022 12:38
Jakarta: Proses Seleksi Calon Rektor dan Pemilihan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) periode 2022-2027 masih berlangsung. Sebanyak enam bakal calon rektor UGM mengikuti Debat Aspirasi pada Forum Penjaringan Aspirasi Publik, Selasa, 26 April 2022.
 
“Forum penjaringan aspirasi publik adalah forum dalam proses menuju seleksi bakal calon rektor oleh Senat Akademik,” kata Ketua Panitia Kerja Subagus Wahyuono dikutip dari laman ugm.ac.id, Rabu, 27 April 2022.
 
Keenam bakal calon rektor yang akan maju ke tahapan seleksi oleh Senat Akademik adalah Ali Agus, Bambang Agus Kironoto, Deendarlianto, Ova Emilia, Sigit Riyanto, dan Teguh Budipitojo. Pada forum ini, seluruh bakal calon rektor diberi kesempatan memaparkan program kerja melalui tayangan video serta paparan dalam waktu 10 menit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelahnya, forum penjaringan aspirasi dilanjutkan dengan sesi debat yang terbagi ke dalam 3 segmen. Segmen pertama, debat aspirasi umum.
 
Pada debat ini, moderator membacakan pertanyaan dari enam pemangku kepentingan, yaitu panitia kerja, mahasiswa, tenaga kependidikan, dosen, guru besar, dan alumni.
 
Pada segmen dua, bakal calon rektor menjawab pertanyaan atau aspirasi khusus dari anggota Senat Akademik. Sedangkan pada segmen ketiga bakal calon rektor saling menanggapi materi presentasi yang telah disampaikan.
 
“Pada acara penjaringan aspirasi ini ada komunikasi dua arah antara bakal calon rektor dengan hadirin dari Senat Akademik, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan sebagainya,” papar Subagus.
 
Subagus menuturkan proses seleksi dan pemilihan rektor merupakan perhelatan besar lima tahunan UGM dalam mengaplikasikan demokrasi di perguruan tinggi. Seluruh proses seleksi dirancang dan dilaksanakan berdasarkan peraturan Majelis Wali Amanat, yaitu terbagi dalam tiga tahapan utama.
 
Tahap pertama, penjaringan bakal calon rektor. Kemudian, dilanjutkan dengan seleksi bakal calon rektor oleh Senat Akademik pada 12 Mei 2022 yang akan mengerucutkan jumlah calon rektor menjadi tiga orang.
 
Tahapan terakhir, Majelis Wali Amanat akan melaksanakan pemilihan dan penetapan calon rektor pada 20 Mei 2022. Proses seleksi dan pemilihan rektor dilaksanakan sebelum masa bakti rektor saat ini berakhir.
 
“Masa bakti rektor sekarang akan berakhir pada 28 Mei 2022,” tutur dia.
 
Sebelumnya, Panitia Kerja telah menggelar Sarasehan Nyawiji Menuju UGM 1 pada 9–16 April 2022. Kegiatan sarasehan terbagi dalam lima agenda, yaitu Forum Sarasehan Tenaga Kependidikan, Forum Sarasehan Mahasiswa, Forum Sarasehan Dosen, Forum Sarasehan Guru Besar, dan Forum Sarasehan Alumni.
 
Baca: Calon Rektor UGM Diminta Kejelasan Soal Gelanggang Mahasiswa Hingga Radikalisme di Kampus
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif