Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Gandeng Rakamin Academy, Kominfo Beri Beasiswa Hingga Pelatihan Teknologi dan Digital

Pendidikan Kominfo Beasiswa Bantuan Pendidikan Digitalisasi Pendidikan
Arga sumantri • 22 Desember 2021 17:08
Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggandeng salah satu startup edu tech, Rakamin Academy memberikan beasiswa, pelatihan teknologi, dan digital. Ini merupakan bagian dari program Digital Talent Scholarship (DTS) 2021 yang digagas Kominfo.
 
"Program Digital Talent Scholarship selaras dengan visi Rakamin untuk membuat Indonesia menjadi siap untuk memimpin ekonomi digital di tahun 2045 nanti," kata CEO PT Rakamin Kolektif Madani, Andika Deni Prasetya, dalam keterangannya, Rabu, 22 Desember 2021.
 
Andika mengatakan, program Digital Talent Scholarship ini memberikan pelatihan intensif hingga sertifikasi internasional bagi para awardee. Setelah itu, para awardee untuk beberapa program tertentu dibantu untuk dicarikan tempat magang hingga disalurkan kerja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan, digitalisasi di Indonesia tak hanya menyangkut bisnis berskala besar. Namun, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pun harus mulai menyadari pemanfaatan teknologi dan digitalisasi. 
 
"Namun sayangnya banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan internet hanya sebatas hiburan, belum menjadi alat produktif untuk menciptakan nilai bagi pekerjaan dirinya ataupun bisnis yang dijalankan," ungkapnya.
 
Baca: 4 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Syarat TOEFL, Cek di Sini
 
Ia menyebut, Rakamin Academy telah membantu memberikan pelatihan intensif di bidang digital marketing, produk dan inovasi hingga software engineering. Hingga saat ini, kata dia, Rakamin Academy ikut memberikan pelatihan intensif sebanyak hampir 1.000 siswa dan juga membantu penyaluran kerja dan pemagangan untuk mereka. 
 
"Pelatihan digital secara intensif yang saat ini Rakamin berikan berupa Scrum Master, IT Perbankan dan Digital Marketing Specialist," terang Andika.
 
Ia menyebut, Rakamin juga jadi satu-satunya mitra Kominfo yang membantu menyalurkan alumni Digital Talent Scholarship. “Beberapa alumni pelatihan Digital Talent Scholarship dan Rakamin sudah berhasil mendapatkan pekerjaan di perusahaan ternama seperti Zenius Education, hingga Citibank Indonesia," jelasnya.
 
Rakamin berkomitmen mendukung target Kominfo, untuk melakukan transformasi digital nasional pada 2030. Rakamin Academy menjadi salah satu penyelenggara program Digital Talent Scholarship.
 
"Harapannya Pendidikan yang berkualitas untuk kompetensi digital dapat menjadi lebih inklusif dan menjangkau lebih banyak orang. Hal ini hanya bisa terwujud jika penyedia layanan Pendidikan, perusahaan, pemerintah, dan masyarakat mau saling bekerja sama," jelas Andika.
 
Andika berharap Rakamin bisa terus bekerja sama dengan Kominfo, dalam upaya menyiapkan talenta muda, di bidang teknologi dan digital. Rakamin Academy berkomitmen memberikan layanan pendidikan berkualitas yang semakin terjangkau pada 2022. 
 
"Namun tetap dapat menggaransi lulusan kami dalam mendapatkan pekerjaan. Salah satunya adalah melalui Kerjasama dengan Kominfo," ungkap Andika.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif