Ilustrasi kuliah. Medcom
Ilustrasi kuliah. Medcom

Kuliah Bukan Cuma untuk Anak Kelas Menengah, Anies: Sudah Cukup Biaya Pendidikan Terlalu Tinggi!

Ilham Pratama Putra • 19 September 2023 17:42
Jakarta: Bakal calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan, mengatakan pendidikan tinggi mesti dinikmati setiap anak di Indonesia. Pendidikan tinggi bukan hanya untuk anak dari ekonomi kelas menengah.
 
"Pendidikan tinggi harus menjadi institusi yang bisa diakses oleh anak siapa saja. Bukan hanya anak kelas menengah (secara ekonomi) Indonesia," kata Anies dalam Mata Najwa: 3 Bacapres Bicara Gagasan melalui siaran YouTube Universitas Gadjah Mada, Selasa, 19 September 2023.
 
Untuk itu, kata dia, biaya di pendidikan tinggi harus terjangkau. Anies menyebut biaya pendidikan tinggi yang terjangkau menjadi cara memberikan akses pendidikan merata bagi seluruh anak Indonesia.
Selain itu, pemerintah mesti bertanggung hawab mengurangi beban pengelola kampus. Kampus tidak boleh dibebani tanggung jawab besar, terutama mencari pembiayaan kegiatan kampus.
 
"Tapi biar pengelola kampus fokus pada penelitian, pada pengembangan, pembelajaran, pendidikan," tutur dia.
 
Hal itu diperlukan agar kampus menjadi institusi untuk siapa saja. Tak ada pengecualian, bagi anak Indonesia untuk berpartisipasi dalam pendidikan tinggi.
 
"Sudah cukup biaya pendidikan yang terlalu tinggi di kampus-kampus kita," tegas dia.
 
Baca juga: Anies Sebut Kampus Jangan Lagi Dibebani Tugas Mengelola dan Cari Dana Sendiri

Kuliah di kampus favorit dengan beasiswa full kini bukan lagi mimpi, karena ada 426 Beasiswa Full dari 21 Kampus yang tersebar di berbagai kota Indonesia. Info lebih lanjut klik, osc.medcom.id
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif