Anggota DPR RI Ledia Hanifa Amaliah (Foto:Dok.DPR RI)
Anggota DPR RI Ledia Hanifa Amaliah (Foto:Dok.DPR RI)

Gaji Guru Honorer Disebut Layak Setara UMR

Pendidikan berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 18 Oktober 2019 20:02
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengajukan dua skema gaji guru honorer. Skema yang dimaksud yaitu Upah Minimum Regional (UMR) atau Gaji PNS Nol Tahun.
 
Mana yang lebih baik dari kedua skema tersebut untuk memperbaiki kesejahteraan guru honorer? Anggota DPR RI Ledia Hanifa Amaliah menyebutkan UMR.
 
"Ketika bicara honorer, kita berharap UMR ya," kata Ledia dijumpai di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat, 18 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan anggota Komisi X itu menilai sudah selayaknya jumlah gaji yang diterima oleh guru honorer minimal setara UMR. Sebab, beban tugas dan syarat guru honorer berat.
 
"Setidaknya lebih terkomparasi karena sudah bobotnya berat, justru tidak sesuai UMR," katanya.
 
Sementara itu, Ledia mengaku tidak bisa komentar banyak terkait skema setara PNS Nol Tahun. Dia beralasan belum mengetahui secara rinci detail skema tersebut.
 
"Kalau detailnya saya belum tahu (PNS Nol Tahun). Tapi setidaknya seharusnya guru honorer itu UMR," katanya.
 
Lebih jauh, Ledia menyerahkan seluruh pembahasan kepada pemerintah. Terlebih, kelompok guru honorer yang mendapatkan skema tersebut jika disetujui oleh pemerintah.
 
"Kita belum tahu karena ini harus di kaji lebih dalam oleh Kemenkeu (Kementerian Keuangan) dan Kemenpan RB (Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) karena kelompok guru honorer mana yang akan mendapatkan gaji dengan skema tersebut. Karena ada yang non K," ujar dia.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif