Ilustrasi UGM. DOK UGM
Ilustrasi UGM. DOK UGM

Ekonom UGM Minta Pemerintah Tak Menaikkan Harga Pertalite, Solar, Hingga Tarif Listrik

Pendidikan kenaikan harga Tarif Dasar Listrik pertalite Tarif Listrik Solar UGM
Renatha Swasty • 20 April 2022 09:49
Jakarta: Pemerintah baru-baru ini menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax hingga 30 persen. Pemerintah juga berencana menaikkan tarif daya listrik untuk konsumen nonsubsidi untuk menghadapi kenaikan harga minyak dunia.
 
Pengamat ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM), Akhmad Akbar Susamto, meminta pemerintah tidak menaikkan harga Pertalite, Solar, dan tarif listrik. Hal itu untuk menjaga kelangsungan ekonomi masyarakat bisa bertahan di tengah pandemi covid-19.
 
”Pemerintah harus menjaga agar harga Pertalite, Solar, dan tarif dasar listrik tidak naik. Kenaikan harga Pertalite, Solar, dan TDL tersebut akan berdampak besar bagi masyarakat secara langsung dan tidak langsung melalui inflasi,” kata Akbar dikutip dari laman ugm.ac.id, Rabu, 20 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Akbar menyebut tidak menutup kemungkinan bakal menuai protes keras dari masyarakat bila pemerintah tetap menaikkan harga-harga itu.
 
“Di luar itu, juga ada risiko sosial berupa ketidakpuasan masyarakat, protes, demonstrasi, dan sebagainya jika harga Pertalite, Solar, dan TDL benar-benar dinaikkan,” papar dia.
 
Namun, kebijakan kenaikan harga minyak goreng dan Pertamax mesti membuat pemerintah mau tidak mau menanggung subsidi lebih besar. Beban subsidi tambahan ini masih bisa diterima dibandingkan dengan dampak negatif kenaikan harga.
 
"Dan lagi, pemerintah sebenarnya juga sedang menikmati windfall penerimaan tambahan dari kenaikan harga-harga komoditas,” tutur dia.
 
Baca: Pemerintah Siapkan Skema Penyesuaian Tarif listrik
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif