Ilustrasi pendaftaran. Medcom
Ilustrasi pendaftaran. Medcom

Pendaftaran Pegawai Pemerintah Non-PNS IKN Dibuka: Simak Posisi, Syarat, hingga Cara Daftarnya

Renatha Swasty • 20 Februari 2023 10:07
Jakarta: Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) membuka pendaftaran seleksi terbuka penerimaan Pegawai pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN). Pendaftaran dibuka pada 20 Februari sampai 24 Februari 2023 pukul 16.00 WIB.
 
Seleksi dibuka untuk mengisi posisi staf di bidang:
  1. Sekretariat
  2. Unit Kerja Hukum dan Kepatuhan
  3. Deputi Bidang Perencanaan dan Pertanahan
  4. Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan
  5. Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat
  6. Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital
  7. Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam
  8. Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi
  9. Deputi Bidang Sarana dan Prasarana
Berikut syarat, dokumen, tata cara pendaftaran hingga jadwal seleksi yang harus Sobat Medcom ketahui dikutip dari laman ikn.go.id:

Persyarata umum

  1. Warga negara Indonesia (WNI)
  2. Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Sarjana (Strata 1) dari perguruan tinggi yang terakreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan persyaratan IPK minimal 3,0 pada skala 4 dan perguruan tinggi yang terakreditasi Sangat Baik dari BAN-PT dengan persyaratan IPK minimal 3,2 pada skala 4
  3. Berusia paling kurang 21 tahun dan maksimal 33 tahun pada saat melamar
  4. Sehat jasmani dan rohani
  5. Berkelakuan baik
  6. Mempunyai pendidikan formal, kecakapan, keahlian, dan keterampilan sesuai dengan syarat lain yang diperlukan dalam jabatan
  7. Mampu mengoperasikan media teknologi informasi dan berbahasa Inggris secara lisan maupun tulisan yang dapat dibuktikan dengan sertifikasi dari institusi terakreditasi nasional
  8. Disiplin dan berintegritas
  9. Bersedia ditempatkan pada wilayah penyelenggaraan organisasi Otorita Ibu Kota Nusantara

Persyaratan khusus

1. Sekretariat

  1. Ilmu Ekonomi
  2. Manajemen Sumber Daya Manusia
  3. Akuntansi
  4. Ilmu Komunikasi
  5. Psikologi
  6. Teknik Informatika
  7. Ilmu Komputer
  8. Ilmu Hukum
  9. Administrasi Publik
  10. Hubungan Internasional

2. Unit Kerja Hukum dan Kepatuhan

  1. Ilmu Hukum
  2. Akuntansi

3. Deputi Bidang Perencanaan dan Pertanahan

  1. Perencanaan Wilayah dan Kota
  2. Teknik Arsitektur
  3. Teknik Sipil
  4. Teknik Lingkungan
  5. Teknik Geologi
  6. Ilmu Hukum
  7. Ilmu Pertanahan
  8. Manajemen

4. Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan

  1. Teknik Industri
  2. Teknik Informatika
  3. Teknik Komputer
  4. Perencanaan Wilayah dan Kota
  5. Ilmu Hukum

5. Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat

  1. Ilmu Hukum
  2. Ilmu Komputer
  3. Ilmu Administrasi
  4. Ilmu Komunikasi
  5. Psikologi
  6. Pertanian
  7. Sosiologi

6. Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital

  1. Teknik Sipil
  2. Teknik Informatika
  3. Teknik Elektro
  4. Teknik Arsitektur
  5. Matematika
  6. Geografi
  7. Ilmu Komputer
  8. Sistem Informasi
  9. Ilmu Hukum
  10. Fisika

7. Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam

  1. Teknik Lingkungan
  2. Teknik Sipil
  3. Agroteknologi
  4. Manajemen
  5. Pertanian
  6. Silvikultur
  7. Ilmu Hukum
  8. Ilmu Kehutanan
  9. Teknik Geologi
  10. Teknik Pangan
  11. Perencanaan Wilayah dan Kota
  12. Ilmu Tanah
  13. Geografi

8. Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi

  1. Ilmu Hukum
  2. Ilmu Ekonomi
  3. Administrasi Bisnis
  4. Teknik Lingkungan
  5. Teknik Sipil
  6. Akuntansi
  7. Manajemen
  8. Teknik Elektro
  9. Akturia

9. Deputi Bidang Sarana dan Prasarana

  1. lmu Hukum
  2. Teknik Lingkungan
  3. Perencanaan Wilayah dan Kota
  4. Administrasi Publik
  5. Teknik Arsitektur
  6. Teknik Sipil
  7. Teknik Elektro
  8. Teknik Mesin
  9. Transportasi

Kelengkapan dokumen

  1. Daftar Riwayat Hidup sebagaimana format dalam Lampiran 1
  2. Pindai berwarna Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Pindai berwarna Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  4. Pindai ijazah terakhir yang dilegalisir
  5. Pas foto berwarna latar belakang merah dengan kapasitas berkas 10 MB
  6. Pindai Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku
  7. Pindai Sertifikat TOEFL dengan minimal skor 500 atau IELTS 6.0 yang dikeluarkan oleh institusi terakreditasi nasional yang berlaku paling lama sejak 6 bulan sebelum tanggal pendaftaran
  8. Pindai Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di wilayah penyelenggaraan organisasi Otorita Ibu Kota Nusantara yang ditandatangani di atas materai Rp10.000 sebagaimana format dalam Lampiran 2
  9. Pindai Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen yang ditandatangani di atas materai Rp10.000 sebagaimana format dalam Lampiran 3

Tata cara pendaftaran

  1. Pendaftaran secara online melalui tautan www.ikn.go.id/RekPPNPNOIKN mulai 20 Februari 2023 sampai 24 Februari 2023 pukul 16.00 WIB
  2. Seluruh berkas lamaran dikirim dalam format PDF dan hasil pindai berkas tersebut berkapasitas maksimal 10 MB untuk keseluruhan berkas
  3. Surat lamaran dilengkapi dengan melampirkan dokumen sebagai berikut:
  • Daftar Riwayat Hidup sebagaimana format dalam Lampiran 1
  • Pindai berwarna Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Pindai berwarna Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Pindai ijazah terakhir yang dilegalisir
  • Pas foto berwarna latar belakang merah dengan kapasitas berkas 500 Kb
  • Pindai Sertifikat TOEFL dengan minimal skor 500 atau IELTS 6.0 yang dikeluarkan oleh institusi terakreditasi nasional yang berlaku paling lama 6 bulan sebelum tanggal pendaftaran
  • Mengunggah Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di wilayah penyelenggaraan organisasi Otorita Ibu Kota Nusantara yang ditandatangani di atas materai Rp10.000 sebagaimana format dalam Lampiran 2
  • Mengunggah Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen yang ditandatangani di atas materai Rp10.000 sebagaimana format dalam Lampiran 3
  • Seluruh pengumuman dan perkembangan tahapan seleksi terbuka akan disampaikan melalui www.ikn.go.id untuk itu pelamar seleksi terbuka diharapkan aktif mengakses situs dimaksud
  • Berkas yang masuk akan diperiksa dan diseleksi oleh Panitia Seleksi, dan keputusan tidak dapat diganggu gugat

Tahapan seleksi

  1. Pengumuman: 17-24 Februari 2023
  2. Pendaftaran Secara Elektronik: 20-24 Februari 2023
  3. Pemeriksaan dan Seleksi Administrasi: 24-27 Februari 2023
  4. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 28 Februari 2023
  5. Tes Potensi Akademik (TPA) dan Psikotes: 2 Maret 2023
  6. Pengumuman Hasil Tes Potensi Akademik (TPA) dan Psikotes: 9 Maret 2023
  7. Wawancara: 10–12 Maret 2023
  8. Pengumuman Akhir Seleksi: 13 Maret 2023
Sobat Medcom yang tertarik jangan lewatkan kesempatan ini. Informasi lebih lengkap dapat di lihat pada laman ini.
 
Baca juga: PT. KAI Buka Lowongan Kerja, Lulusan SMA Bisa Daftar Nih

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(REN)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan