Wakil Ketua Komisi X DPR, Hetifah Sjaifudian. Foto: YouTube
Wakil Ketua Komisi X DPR, Hetifah Sjaifudian. Foto: YouTube

Tok! DPR Sahkan RUU Pendidikan dan Layanan Psikologi Jadi UU

Ilham Pratama Putra • 07 Juli 2022 18:08
Jakarta: DPR RI mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pendidikan dan Layanan Psikologi menjadi Undang-Undang. Sebelumnya RUU ini bernama RUU Praktik Psikologi.
 
Wakil Ketua Komisi X DPR, Hetifah Sjaifudian membawa RUU tersebut ke sidang paripurna DPR RI. RUU ini, kata Hetifah merupakan hasil rapat Panitia kerja (Panja) Komisi X bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).
 
"Pada rapat panja 29 Juni 2022 disepakati RUU Pendidikan dan Layanan Psikologi untuk dibawa ke rapat paripurna DPR RI," ujar Hetifah secara daring pada siaran YouTube DPR RI, Kamis 7 Juli 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hetifah menjelaskan, RUU Pendidikan dan Layanan Psikologi bertujuan untuk meningkatkan kulitas pendidikan psikologi sekaligus layanan psikologi bagi masyarakat. Selain itu RUU ini juga akan memberikan kepastian hukum kepada para psikolog dan klien.
 
Pada kesempatan tersebut, Mendikbudristek Nadiem Makarim pun menyampaikan layanan psikologi merupakan alat untuk mewujudkan SDM berkualitas. Layanan psikologi pun berperan penting dalam menjaga kesehatan mental individu untuk mewujudkan kehidupan yang sehat dan produktif.
 
"Rancangan UU ini akan memberikan peran yang seimbang dan saling melengkapi antara perguruan tinggj penyelenggara pendidikan psikologi, organisasi profesi dan pemerintah sebagai regulator," kata Nadiem.
 
Atas laporan itu, Wakil Ketua DPR, Rachmat Gobel meminta persetujuan pengesahan RUU Pendidikan dan Layanan Psikologi menjadi Undang-Undang. Ia meminta persetujuan dari fraksi yang hadir.
 
"Berdasarkan laporan Komisi X DPR RI tentang RUU Pendidikan dan Layanan Psikologi, selanjutnya kami akan menanyakan kepada setiap fraksi, apakah RUU Pendidikan dan Layanan Psikologi dapat disahkan menjadi Undang-Undang?," Sebut Gobel.
 
Terdengar anggota yang hadir menyakan setuju agar RUU tersebut menjadi UU Pendidikan dan Layanan Psikologi. Gobel pun mengetuk palu untuk persetujuan pengesahan UU tersebut.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif