Kepala SMKN 12 Kabupaten Tangerang, Isman Hidayat. Foto: Medcom.id/Farhan Dwitama
Kepala SMKN 12 Kabupaten Tangerang, Isman Hidayat. Foto: Medcom.id/Farhan Dwitama

SMKN 12 Tangerang Bersyukur Dana BOS ke Rekening Sekolah

Pendidikan Anggaran Pendidikan Dana Bos
Farhan Dwitama • 11 Februari 2020 13:50
Tangerang: Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 12, Legok, Kabupaten Tangerang, menyambut baik Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 8 tahun 2020 tentang penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang langsung ditransfer ke rekening sekolah.
 
"Kami menyambut positif, mudah-mudahan kebijakan baru ini bisa meningkatkan kualitas pendidikan di SMKN 12," ungkap Isman Hidayat Kepala SMKN 12 Kabupaten Tangerang, Selasa, 11 Februari 2020.
 
Sebelumnya, penyaluran dana BOS ke SMKN 12 ditransfer melalui Rekening Umum Kas Daerah Provinsi Banten. Proses itu, dianggapnya lebih berbelit dan memakan waktu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan kebijakan baru ini maka terjadi pemangkasan birokrasi dan akan menjadi lebih fleksibel, kepala sekolah juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan program sekolah," ungkap dia.
 
Dengan begitu, dia berharap dengan aturan baru yang lebih fleksibel ini, penyaluran dana BOS yang langsung diterima rekening sekolah itu bisa tepat waktu.
 
"Dengan aturan yang baru ini, kita ingin pencariannya bisa tepat waktu, agar pelaksanaan kegiatan di sekolah berjalan lancar," kata dia.
 
Isman menyebutkan, dalam aturan lama ada sejumlah peraturan yang dianggap memberatkan pengguna anggaran menyerap dana BOS.
 
"Ada beberapa klausul dari bebijakan itu yang memberatkan sekolah, contoh pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dulu pembelian hanya dibatasi 5-10 komputer, ini menjadi berat bagi sekolah untuk menggelar UNBK mudah-mudahan aturan baru ini bisa lebih bermanfaat buat sekolah," ucap dia.
 
Mulai tahun ini, dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) akan langsung ditransfer dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kepada rekening sekolah yang bersangkutan. Dana BOS tidak lagi harus melalui Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Provinsi.
 
Kebijakan tersebut menjadi salah satu episode terbaru dalam program Merdeka Belajar yang pada akhir tahun lalu diluncurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim. Kebijakan ini bahkan telah memiliki payung hukum, yakni Permendikbud nomor 8 tahun 2020.
 
"Yang sebelumnya, penyaluran dana ke sekolah dari Kementerian Keuangan melalui Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Provinsi, kini penyalurannya dari Kemenkeu langsung ke rekening sekolah," kata Nadiem di Kantor Kemenkeu, Jakarta Pusat, Senin 10 Februari 2020.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif