Kampus UGM, UGM/Humas.
Kampus UGM, UGM/Humas.

QS WUR: UGM Peringkat 320 Universitas Terbaik Dunia

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Patricia Vicka • 19 Juni 2019 20:13
Jakarta: Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menduduki peringkat ke-320 universitas
terbaik dunia versi Quacquarelli Symonds (QS-WUR) WorldUniversity Ranking. Peringkat ini naik cukup signifikan dibandingkan tahun lalu, di mana sebelumnya UGM menempati posisi ke-391.
 
Rektor UGM, Panut Mulyono mengatakan, hasil pemeringkatan tersebut menempatkan UGM sebagai universitas nomor satu di Indonesia dalam hal reputasi akademik. “Upaya-upaya perbaikan proses yang dilakukan UGM terbukti mampu meningkatkan posisi UGM, menaikkan 71 peringkat dari tahun sebelumnya,” tutur Panut di kampus UGM Yogyakarta, Rabu, 19 Juni 2019.
 
Di samping itu, peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap UGM semakin terlihat. Hal ini terlihat dari tingginya proporsi masyarakat internasional yang melakukan kegiatan tridarma bersama sivitas akademika UGM dan minat masyarakat melakukan studi di UGM.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Peringkat IPB di QS World University Naik 100 Tingkat
 
Namun demikian, pemeringkatan tersebut bukan menjadi tujuan yang dikejar oleh UGM. Panut menuturkan, dalam beberapa waktu ke depan UGM akan terus melakukan berbagai perbaikan dalam proses dan sistem akademik.
 
"Tantangan bagi UGM untuk mewujudkan kepemimpinan dalam berbagai bidang semakin berat. Upaya-upaya strategis yang sifatnya jangka panjang harus dapat digeser menjadi strategi pencapaian jangka pendek dan menengah," ungkap rektor.
 
Meski demikian, peringkat baru ini akan menjadi acuan bagi UGM untuk meningkatkan kualitas karya akademiknya. Lantaran peringkat universitas menjadi salah satu indikator yang digunakan untuk mendongkrak kepercayaan dunia internasional terhadap UGM.
 
"Kualitas karya-karya akademik UGM, harus ditingkatkan agar dapat menjadi rujukan serta menghasilkan impact yang dapat dirasakan dunia internasional," pungkasnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif