Raker Forum Wartawan Pendidikan 2024. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
Raker Forum Wartawan Pendidikan 2024. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama

8 Isu Ini Jadi Sorotan Jurnalis Pendidikan Jelang Debat Capres Terakhir

Ilham Pratama Putra • 23 Januari 2024 15:32
Jakarta: Forum Wartawan Pendidikan dan Kebudayaan (Fortadik) telah selesai menggelar rapat kerja tahunan yang digelar di awal 2024.  Dalam rapat tersebut dibahas sejumlah isu terkait dunia pendidikan.
 
Isu yang dibahas diharapkan menjadi catatan penting bagi pemangku dunia pendidikan. Terlebih di tahun 2024 ini akan terjadi transisi pemerintahan lewat Pemilihan Umum (Pemilu 2024).
 
Catatan penting ini diharapkan bisa menjadi perhatian khusus bagi masing-masing calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Apalagi pada debat terakhir untuk capres, 4 Februari 2024 mengangkat pendidikan sebagai salah satu tema.

8 Isu Pendidikan yang Disorot Jelang Debat Capres ke-4:

1. Tingkat Literasi

Kemampuan literasi siswa berdasarkan Rapor Pendidikan 2023 berada dalam kategori sedang. Rapor Pendidikan 2023 mendefinisikan kategori sedang sebagai kondisi dimana sebanyak 40-70 persen siswa mencapai kompetensi minimum literasi.

Fortadik melihat pemerintah perlu lebih meningkatkan upaya dalam hal pengembangan literasi siswa. Selama ini, Fortadik melihat telah ada upaya pemerintah dalam hal peningkatan literasi, seperti program pengadaan buku yang menjadi bagian dari Merdeka Belajar, sampai pembenahan perpustakaan.  
 
Fortadik berharap pemerintah bisa lebih menggencarkan program peningkatan literasi dengan lebih luas lagi. Kolaborasi dengan pemangku kepentingan terkait menjadi penting agar program peningkatan literasi bisa menjangkau lapisan masyarakat yang lebih luas lagi.

2. Kekerasan di Satuan Pendidikan

Berdasarkan Rapor Pendidikan 2023, indikator iklim keamanan sekolah untuk jenjang SMP sederajat dan SMA sederajat mengalami penurunan. Untuk indikator iklim keamanan sekolah, tercatat jenjang SMP sederajat turun dari 68,25 pada 2021 menjadi 65,29.
 
Penurunan cukup besar terjadi pada jenjang SMA sederajat, di mana penilaiannya turun 5,09 poin. Berdasarkan penilaian terakhir, skornya adalah 66,87, sementara tahun 2021, skornya adalah 71,96.
 
Fortadik melihat pemerintah perlu menyikapi serius turunnya skor keamanan berdasarkan Rapor Pendidikan 2023 tersebut. Adanya kekerasan yang dialami maupun dilakukan oleh siswa serta pendidik sekalipun, menunjukkan bahwa fungsi pendidikan belum berjalan maksimal.
 
Fortadik juga beranggapan pemerintah perlu mengawal pembentukan Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK) di satuan pendidikan. Hal itu sebagaimana amanat Permendikbudristek Nomor 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan.

3. Penyelesaian Guru Honorer

Pemerintah masih memiliki pekerjaan rumah untuk mengangkat guru honorer menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) pada tahun 2024. Target pengangkatan guru honorer pada tahun sebelumnya masih belum tercapai.
 
Sebelumnya, Mendikbudristek Nadiem Makarim menjanjikan pemenuhan target pengangkatan 1 juta guru PPPK pada tahun 2024. Hal itu ia katakan pada saat berpidato dalam Puncak Peringatan Hari Guru Nasional 2023 di Jakarta pada 26 November 2023.
 
Seleksi guru PPPK gelombang ketiga tahun 2023 menghasilkan guru yang lolos seleksi sebanyak 250.432 orang. Tahun sebelumnya, 2021-2022, berhasil merekrut 544.292 guru, yang artinya guru yang berhasil direkrut oleh pemerintah melalui skema PPPK baru 794.724 orang.

4. Pengembangan Keterampilan Guru

Guru sebagai pendidik perlu menguasai berbagai keterampilan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terlebih dengan era digitalisasi seperti saat ini menimbulkan banyak sekali perubahan dalam segi-segi kehidupan bangsa, tidak terkecuali di dalam dunia pendidikan.
 
Fortadik melihat pemerintah perlu meningkatkan akses komunikasi, terutama di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T). Peningkatan akses komunikasi diperlukan, khususnya bagi guru dan siswa, agar mereka dapat berdaya saing dalam dinamika digitalisasi saat ini.
 
Pengalaman pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu telah menunjukkan bagaimana dunia pendidikan gagap dalam menghadapi perubahan pola pendidikan yang beralih ke komunikasi digital. Fortadik berharap ke depannya, kegagapan menghadapi digitalisasi di dunia pendidikan secara umum bisa jauh berkurang ke depannya.

5. Peningkatan Kualitas Anggaran Pendidikan

Pengelolaan Anggaran Pendidikan sebanyak 20% dari APBN saat ini banyak tersita untuk hal-hal di luar fungsi pendidikan. Anggaran Pendidikan kini mencakup pula gaji guru sampai anggaran untuk pendidikan di kementerian atau lembaga yang berada di luar naungan Kemendikbudristek.
 
APBN beberapa ditransfer ke daerah sebagai anggaran pendidikan. Tapi oleh pemerintah daerah dihitung sebagai anggaran pendidikan daerah sehingga banyak daerah tidak sampai 2-5% menganggarkan pendidikannya. Fortadik berharap pemerintah bisa memberikan fokus pengelolaan anggaran. Terutama dalam memaksimalkan  fungsi pendidikan.

6. Dana Abadi Kebudayaan

Kemendikbudristek mengupayakan Dana Abadi Kebudayaan tahun 2024 sebesar Rp 7 triliun. Dana ini ditujukan untuk mendukung pengembangan dan kemajuan budaya daerah di Indonesia.
 
Fortadik berharap pengelolaan dan penyaluran Dana Abadi Kebudayaan dapat lebih difokuskan dan bisa berdampak luas. Utamanya harus berdampak kepada kegiatan budaya di daerah.

7. Transisi ke Dunia Kerja

Fase transisi dari dunia pendidikan menuju dunia kerja semakin pelik karena faktor sosio ekonomi. Lulusan dunia pendidikan juga dibayangi oleh situasi pekerjaan informal sampai menjadi pengangguran.
 
Permasalahan tersebut menunjukkan peran penting lulusan pendidikan vokasi untuk menjawab tantangan kebutuhan industri. Pemerintah, khususnya Ditjen Pendidikan Vokasi, diharapkan terus berinovasi untuk membuat lulusan SMK bisa berdaya saing di pasar tenaga kerja.
 
Selain itu, pendekatan dunia pendidikan tinggi dengan industri juga tidak kalah penting untuk merespons dinamika dalam tren pasar tenaga kerja. Ditjen Pendidikan Tinggi diharapkan bisa mengambil peranan yang lebih signifikan untuk menjembatani antara kebutuhan riset dan inovasi dengan kebutuhan industri untuk komersialisasi produk atau jasa.

8. Proses Pemilu 2024

Pemilu pada 14 Februari 2024 menjadi momentum pergantian rezim pemerintahan. Ada tiga capres yang tengah berkontestasi, dan diharapkan pemenangnya akan membentuk dunia pendidikan melalui serangkaian kebijakan.
 
Berdasarkan hal tersebut, Fortadik mendorong agar selama proses pemilu aparat negara serta para ASN pendidikan mesti bersikap netral.  Selain itu, Fortadik juga mendorong agar kebijakan dari pemenang pemilu 2024 tidak merugikan dunia pendidikan, terutama bagi siswa dan guru.
 
Adapun debat capres pada 4 Februari 2024, merupakan debat pilpres terakhir yang digelar KPU. Debat ini merupakan debat kelima dari seluruh rangkaian debat yang diagendakan.
 
Untuk para capres sendiri, ini merupakan debat yang ketiga. Atau menjadi debat pamungkas bagi ketiga capres.  Adapun tema debat kelima mengangkat sejumlah tema. Diantaranya, Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.
 
Baca juga:  MK Gelar Sidang Gugatan Tafsir Sesat 'Sekolah Bebas Biaya' Sore Ini

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(CEU)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan