UNS 10 Besar PTN Terbaik Versi QS AUR
Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Ravik Karsidi, di sebuah kesempatan, MI/Rommy Pujianto.
Solo: Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil menduduki posisi 10 perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Indonesia, yang masuk Asia University Ranking (AUR) versi Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking (QSWUR) 2019.

"Pada pemeringkatan ini ada beberapa kriteria yang menjadi acuan penilaian. Salah satunya adalah jumlah dosen yang sudah memiliki gelar Doktor," kata Staf Ahli Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama, dan Pengembangan Usaha UNS, Sutanto di Solo, Jumat, 26 Oktober 2018.


Pada syarat ini, dikatakannya, makin banyak dosen yang memiliki gelar Doktor, maka nilai dari perguruan tinggi tersebut akan semakin bagus. "Kalau di UNS saat ini sudah 40% dosen yang sudah bergelar Doktor. Idealnya harus 80%.   Meski demikian, banyak dosen UNS yang saat ini sedang proses studi lanjut S3," ungkap Sutanto seperti dikutip Antara.

Selanjutnya, kriteria kedua, yaitu perbandingan antara mahasiswa dengan dosen. Ia mengatakan idealnya perbandingan dosen dan mahasiswa yaitu 1:20. 

"Syarat yang ketiga adalah banyaknya paper yang dihasilkan di tiap fakultas. Dalam lima tahun, tiap dosen harus bisa memiliki minimal tujuh paper dan itu harus dipublikasikan dalam jurnal internasional yang terindeks scopus," ujar Sutanto.

Baca: 22 Perguruan Tinggi Indonesia Top Ranking di Asia

Adapun kriteria keempat adalah, seberapa banyak paper yang telah disitasi. Artinya paper yang dihasilkan para dosen, harus bisa menjadi rujukan.  "Selain itu juga terkait jaringan riset internasional, seberapa banyak dosen asing yang mengajar di UNS, dan mahasiswa luar negeri
yang belajar di UNS," katanya.

Keberadaan alumni yang berkiprah di ranah internasional juga menjadi bagian dari kriteria penilaian. Ia mengatakan, setiap universitas wajib mengunggah data sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan.  Tujuannya agar kemudian dilakukan validasi dan diberikan penilaian oleh QS.

Sementara itu, Rektor UNS, Ravik Karsidi berharap, prestasi yang diraih UNS ini bisa menjadi pemicu dan pemacu semangat untuk meningkatkan kualitas bagi sivitas akademika di UNS.  "Bisa masuk 10 besar AUR Indonesia versi QS ini merupakan prestasi yang luar biasa. Harapannya tahun depan UNS prestasinya lebih meningkat," kata Ravik.

Selain UNS, ada 21 universitas di Indonesia juga masuk Top AUR Indonesia Versi QS Ranking 2019.  Di antaranya, Universitas Indonesia (UI),  Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Bina Nusantara, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, dan Universitas Hasanuddin.

Wakil Rektor I UNS, Sutarno mengatakan, peringkat UNS berada urutan 11 besar PTN Indonesia terbaik.  Namun peringkatnya sama dengan Universitas Hasanuddin (urutan 10) yang juga di peringkat 401-450. "Jadi bisa juga dikatakan UNS di posisi 10 besar PTN, dari 22 PT Indonesia yang masuk di AUR," terangnya.



(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id