Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Psikolog: Medsos Kikis Rasa Percaya Diri Remaja

Ilham Pratama Putra • 20 Oktober 2021 16:08
Jakarta: Psikolog Anak dan Pendidikan, Nabila Dian Nirmala mengatakan jika lingkungan pergaulan sangat mempengaruhi kondisi mental remaja. Di era digital ini pun, ancaman terhadap kesehatan mental remaja semakin bertambah dan meluas.
 
"Dunia sosial remaja itu bukan cuma di saat yang real, tapi di medsos sudah jadi dunia mereka juga. Jadi yang mereka bandingkan akan sangat banyak dan mereka akan bingung menyikapinya," tutur Nabila kepada Medcom.id, Rabu, 20 Oktober 2021.
 
Menurut dia, media sosial semakin menyamarkan lingkungan sosial remaja. "Dengan cyrcle yang sedikit saja (dunia nyata) sudah sering juga kurang pede, karena sudah mature-nya kita hidup membandingkan diri dengan orang lain," lanjutnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk menyikapi hal tersebut, dia meminta remaja untuk kembali ke hal yang mendasar dari rasa percaya diri. Kepercayaan diri adalah keyakinan seseorang bahwa dia mampu memenuhi tugas dan tanggung jawabnya.
 
"Artinya yang harus kita pikirkan, di usia mereka ini tugas perkembangan dan tanggung jawabnya. Yang mana adalah kalau dia anak SMP ya sebagaimana tugas SMP begitu juga yang SMA," terang dia. 
 
Baca: Remaja, Ini Tips Memperkuat Jati Diri
 
Selain itu para remaja juga diminta untuk tidak memikirkan hal yang terlalu jauh ke depan. Seperti anak SMP, belum saatnya untuk berfikir keras mencari pemasukan.
 
"Dunia sosial ini sudah membuat mereka mikir, enak ya jadi youtuber, uangnya banyak, ini kan memikirkan apa yang seharusnya belum mereka pikirin," sebut dia.
 
Menanggapi hal tersebut, kuncinya adalah orang dewasa yang ada di sekitar remaja ini. Bagaimana orang yang lebih tua dapat membantu anak remaja memahami tugas dan tanggung jawabnya.
 
"Bisa memberi pemahaman gimana caranya bisa memenuhi tugas dan tanggung jawab sekolah misalnya. Ini gimana bisa dibantu," tutup dia.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif