Kampus Unpad. Foto: Unpad/Humas
Kampus Unpad. Foto: Unpad/Humas

Gagal SBMPTN? Jangan Khawatir SMUP Sarjana Unpad Masih Buka Hingga 27 Juni

Citra Larasati • 25 Juni 2022 14:10
Jakarta:  Universitas Padjadjaran (Unpad) masih membuka peluang untuk mendaftar ke program Sarjana melalui SMUP Sarjana Jalur Mandiri. Pendaftaran SMUP Sarjana Jalur Mandiri dibuka hingga Senin, 27 Juni 2022 pukul 16.00 WIB.
 
“Untuk menghindari kesulitan dalam mendaftar, jika sudah mau ikut SMUP, silakan segera mendaftar supaya nanti tidak menumpuk,” ujar Kepala Kantor SMUP Unpad, Anas, dikutip dari laman Unpad, Sabtu, 25 Juni 2022.
 
Anas mengatakan, pendaftaran SMUP Sarjana Jalur Mandiri terbuka bagi lulusan SMA/SMK/MA tahun 2020, 2021, 2022, termasuk bagi peserta yang tidak lolos di SBMPTN 2022. Mekanisme seleksi dalam SMUP Sarjana Jalur Mandiri menggunakan dua basis penilaian, yaitu berdasarkan hasil UTBK dan nilai ujian SMUP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peserta diminta untuk memilih salah satu skema penilaian, menggunakan hasil UTBK atau mengikuti ujian SMUP yang akan digelar pada 7 Juli 2022 mendatang. “Bagi yang tidak lulus SBMPTN diperbolehkan sekali mengikuti SMUPUnpad Jalur Mandiri. Kalau mau memakai nilai UTBK silakan, atau kalau masih tidak yakin dengan hasil UTBK silakan ikut ujian,” jelas Anas.
 
Anas mengingatkan, bagi peserta yang memilih skema nilai UTBK hanya dapat memilih program studi sesuai kelompok pilihan ketika mendaftar di UTBK. Hal ini disebabkan, peserta pada UTBK telah mengikuti tes berdasarkan kelompok ilmunya.
 
Dengan demikian, peserta hanya bisa memilih prodi dari bidang ilmu yang dipilih ketika mengikuti UTBK. Contohnya, peserta UTBK Saintek hanya bisa memilih prodi Saintek saja.
 
“Kalau ujian SMUP memiliki sistem yang berbeda, sehingga memungkinkan dia (peserta) bisa lintas jurusan, dari Soshum bisa memilih ke Saintek, atau sebaliknya,” ujar Anas.

Prosedur pendaftaran SMUP Sarjana Unpad adalah sebagai berikut:

1. Memeriksa persyaratan umum dan khusus untuk mendaftar ke program studi yang dituju
2. Mendaftar dan mengisi data secara daring melalui laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login dengan cara mengsi informasi sebagai berikut:
  • Nama Lengkap
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Alamat E-Mail
  • Nomor Ponsel
  • Mengisikan password yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP. (Password harap disimpan, karena akan selalu digunakan untuk setiap mengakses/login ke laman portal peserta SMUP)
  • Data Kewarganegaraan (country of citizenship).
3. Menginput atau mengunggah dokumen asli sebagai berikut:
  • Ijazah SMA/MA/SMK
  • Ijazah SMA bagi peserta yang pilihan prodinya di UNPAD linear dengan jurusan di SMA. Bagi yang pilihan prodinya di Unpad tidak linear dengan jurusan di SMA (lintas jurusan) dan bagi lulusan SMK, nilai rapor bisa diisi dengan 0 (Nol).
  • Kartu Peserta UTBK Tahun 2022 (bagi yang memilih Skema 1)
  • Menginputkan No. Peserta UTBK 2022 (bagi yang memilih Skema 1)
  • Pas foto terbaru berwarna dengan latar belakang putih ukuran 3×4 cm
  • Kartu Tanda Penduduk
  • Kartu Keluarga 
4. Membayar biaya pendaftaran ke Bank yang ditunjuk Unpad dengan sebelumnya mencetak nomor tagihan yang diperoleh pada saat pendaftaran online.
5. Biaya pendaftaran adalah sebagai berikut : Skema 1 : sebesar Rp. 100.000,- Skema 2 : sebesar Rp. 200.000,-
6. Uang pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali
7. Mencetak atau menyimpan kartu peserta ujian yang diperoleh setelah melakukan pembayaran di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login.

Pendaftar SMUP Peserta Kartu Indonesia Pintar Kuliah Prosedur pendaftaran:

  • Mendaftar dan mengisi data secara daring melalui laman  https://pendaftaran.unpad.ac.id/logindengan cara mengisi informasi sebagai berikut: Nama Lengkap Nomor Induk Kependudukan (NIK) Alamat E-Mail Nomor Ponsel Mengisikan password yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP. (Password harap disimpan, karena akan selalu digunakan untuk setiap mengakses/login ke laman portal peserta SMUP); Data Kewarganegaraan (country of citizenship)
  • Memilih jalur masuk KIP-K pada bagian minat; Melengkapi isian pada bagian nomor pendaftaran KIP-K. 
  • Mengunggah KIP-K pada bagian unggah dokumen.
  • Pendaftar KIP-K tidak perlu membayar biaya pendaftaran. 
  • Setelah dinyatakan diterima di Unpad pada Program Sarjana/Sarjana Terapan melalui jalur masuk KIP-K, calon mahasiswa yang terdaftar sebagai peserta KIP-Kuliah wajib mengumpulkan berkas kelengkapan tambahan sebagi proses seleksi penerima KIP-K ke Direktorat Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni (waktu pelaksanaan akan diinfokan kemudian).
  • Bersedia membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan kelompok yang telah diverifikasi oleh Unpad jika tidak diterima sebagai penerima Kartu Indonesia Pintar – Kuliah (KIP-K).
Baca juga: 2.688 Peserta Lolos UTBK-SBMPTN di Unpad, Jangan Lupa Lakukan Ini
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif