Ilustrasi/istimewa
Ilustrasi/istimewa

Mengenal Jurusan Broadcasting: Mata Kuliah dan Prospek Kerja

Medcom • 29 Juni 2022 15:39
Jakarta:  Apakah Sobat Medcom termasuk orang yang memiliki segudang ide kreatif dan tertarik membuat konten? Jika demikian, maka jurusan broadcasting bisa menjadi pilihan tepat untuk kuliah.
 
Jurusan broadcasting atau Penyiaran mempelajari segala hal terkait konten, mulai dari proses perencanaan, produksi, hingga pascaproduksi. Konten tersebut bukan hanya untuk televisi saja, melainkan juga media-media baru seperti YouTube dan podcast.
 
Untuk mengenal jurusan ini lebih lanjut, simak pembahasan mengenai mata kuliah dan prospek kerja program studi broadcasting yang dikutip dari laman Ruangguru.

Mata Kuliah

Broadcasting merupakan jurusan yang mempelajari perencanaan produksi konten, proses siaran radio dan televisi, teknik pengambilan gambar dan olah suara, penyuntingan, serta penggunaan aplikasi multimedia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada semester awal, jurusan ini mempelajari berbagai pengetahuan dasar terkait broadcasting. Seperti, Pengantar Ilmu Komunikasi, Dasar-dasar Penyiaran, Pengantar Periklanan, dan lain-lain.
 
Barulah di semester-semester selanjutnya, mata kuliah yang dipelajari kian kompleks. Beberapa di antaranya, Editing Program, Riset Media, Teknik Kamera, Teknik Audio, hingga Konvergensi Media.
 
Jurusan broadcasting tidak hanya mempelajari teori, melainkan juga praktik. Misalnya, membuat konten TV, konten audio, syuting, fotografi, dan masing banyak lagi.

Mata kuliah yang dipelajari di jurusan Broadcasting:

  1. Manajemen Penyiaran
  2. Penulis Naskah Film dan TV
  3. Hukum Etika Pers
  4. Manajemen Penyiaran
  5. Manajemen Produksi TV
  6. Multimedia Komunikasi
  7. Produksi Pertelevisian
  8. Advertising Visual
  9. Perencanaan Media Periklanan
  10. Komputer Grafis TV
  11. Pascaproduksi TV
  12. Media dan Sistem Studio TV
  13. Manajemen Produksi TV
  14. Teknik Olah Vokal dan Pembawa Acara
  15. Jurnalistik Televisi

Universitas dengan Jurusan Broadcasting

Jurusan broadcasting biasanya menjadi peminatan pada program studi Ilmu Komunikasi. Namun, ada pula sejumlah universitas yang menjadikan Broadcasting sebagai jurusan tersendiri.

Universitas tersebut antara lain:

  1. Universitas Indonesia (D3)
  2. Universitas Sahid (D3)
  3. London School Public Relations (S1)
  4. Universitas Padjadjaran (S1)
  5. Universitas Mercu Buana (S1)
  6. Universitas Esa Unggul (S1)
  7. Universitas Paramadina (S1)
  8. Binus University (S1)
Lulus jurusan broadcasting akan mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom) untuk jenjang S1. Sedangkan untuk jenjang D3, akan menyandang gelar Ahli Madya Ilmu Komunikasi (A.Md.I.Kom).

Prospek Kerja

Mengingat eksistensi televisi dan radio mulai tergantikan dengan media baru, tak sedikit yang skeptis dengan prospek kerja jurusan Broadcasting. Padahal, faktanya jurusan ini memiliki peluang karier yang luas, mengikuti perkembangan zaman.

Posisi yang cocok untuk lulusan Broadcasting:

  1. Produser
  2. Asisten Produser
  3. Content Writer
  4. Copywriter
  5. Social Media Officer
  6. Editor
  7. Presenter
  8. Fotografer
  9. Sutradara
  10. Voice Artist
  11. Graphic Designer
  12. Pengusaha Event Organizer
  13. Freelance
Sebenarnya tak ada standar tetap yang menentukan upah per bulan untuk lulusan broadcasting. Namun, gajinya diperkirakan sebesar Rp2 juta hingga Rp10 juta.
 
Nominal ini tentunya tergantung keahlian, pengalaman, dan perusahaan tempat bekerja. Rentang tersebut juga bisa bertambah berkali-kali lipat jika melakukan kerja freelance.
 
Demikianlah sekilas pembahasan mengenai jurusan broadcasting. Tertarik melanjutkan studi di jurusan ini? (Nurisma Rahmatika)
 
Baca juga: Mengenal Jurusan Sastra Jepang: Mata Kuliah dan Prospek Kerja
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif