Ketua LTMPT 2022, Mochamad Ashari. Foto: Zoom
Ketua LTMPT 2022, Mochamad Ashari. Foto: Zoom

LTMPT Jelaskan Alur Pendaftaran SNMPTN 2022

Pendidikan Penerimaan Mahasiswa Baru LTMPT PTN Mahasiswa SNMPTN 2022 SNMPTN/SBMPTN 2022 Akun LTMPT
Ilham Pratama Putra • 04 Januari 2022 12:10
Jakarta: Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah memulai rangkaian penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) tahun 2022 lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Ketua LTMPT Mochamad Ashari mengatakan, pendaftaran akun LTMPT untuk sekolah sudah dapat dilakukan mulai hari ini, Selasa, 4 Januari 2022.
 
Namun pada hari ini, hanya sekolah yang dapat dapat melakukan pendaftaran akun LTMPT yang dimulai pada pukul 15.00 WIB. Sementara pendaftaran akun LTMPT untuk siswa baru akan dimulai pada 10 Januari 2022
 
"Proses dimulai hari ini melalui portal.ltmpt.ac.id menggunakan akun sekolah mulai tanggal 4 Januari 2022, dan untuk siswa baru 10 Januari 2022. Pendaftaran tersebut akan dibuka sampai dengan 15 Februari 2022 dan ditutup pada pukul 15.00 WIB," jelas Ashari di Gedung Kemendikbudristek, Jakarta, Selasa, 4 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun kuota penerimaan mahasiswa baru lewat jalur SNMPTN ini ialah 20 persen. Sekolah dipastikan harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
 
Setelah memiliki akun, sekolah harus melakukan registrasi akun LTMPT untuk para siswa kelas 12 melalui laman yang sama. Di mana sekolah akan menetapkan calon peserta yang memenuhi syarat untuk dapat ikut SNPMTN 2021, di mana penetapan ini akan dibuka pada 4 Januari sampai dengan 8 Februari 2022.
 
Pihaknya pun menentukan besaran kuota sekolah terhadap siswa eligible dalam SNMPTN 2022 berdasarkan akreditasi sekolah. Untuk sekolah akreditasi A diberikan kuota sebesar 40 persen, B sebesar 25 persen dan akreditasi C hanya 5 persen.
 
Setelahnya, sekolah perlu untuk melakukan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Pengisian PDSS ini dimulai pada 8 Januari hingga 8 Februari 2022.
 
"Launching hari ini dilanjut untuk penetapan siswa yang memenuhi syarat itu sampai 8 Februari pengisian PDSS," jelasnya.
 
Siswa harus memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan masing-masing PTN. Lalu, harus dipastikan siswa memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) serta memiliki nilai rapor semester 1 sampai 5.
 
Untuk pendaftaran SNMPTN 2022, para calon peserta dapat melakukannya mulai dari 14 sampai 28 Februari 2022. Dengan pendaftar paling banyak memilih dua PTN dan dua program studi.
 
Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan asal sekolahnya. Jika memilih satu program studi dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.
 
Bagi peserta yang mengambil program studi bidang seni dan olahraga wajib untuk mengunggah portofolio. "Dasarnya dari nilai rapot dan portofolio, kalau seni dan olahraga itu dengan portofolio," ungkapnya.
 
Sementara itu, untuk pengumuman hasil SNMPTN 2022 akan dilaksanakan pada 29 Maret. Terkait dengan pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN 2022 dapat melihatnya melalui laman PTN masing-masing peserta.
 
"Nanti dilakukan asesmen dan diumumkan hasil SNMPTN 29 Maret 2022," pungkasnya.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif