Suasana perayaan Imlek di Gedung Kemendikbud. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
Suasana perayaan Imlek di Gedung Kemendikbud. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan

Perdana, Kemendikbud Gelar Perayaan Imlek

Nadiem: Gong Xi Fa Cai, Xin Nian Kuai Le

Pendidikan perayaan imlek
Muhammad Syahrul Ramadhan • 06 Februari 2020 18:48
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk pertama kalinya menggelar perayaan tahun baru Imlek di tahun Kongzili 2571. Tak ayal ucapan 'Gong Xi Fa Cai' dalamperayaan tahun baru warga Tionghoa menggema di Gedung A Kompleks Kemendikbud, Senayan, Jakarta.
 
Perayaan ini perdana yang digelar di lingkungan Kemendikbud. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menyebut ini merupakan wujud kementeriannya menghargai keberagaman dengan merayakan semua hari raya keagamaan semua agama dan tradisi.
 
"Kemendikbud ingin meyakinkan masyarakat, bahwa setiap kali kita merayakan hari libur nasional, dari berbagai agama, suku, tradisi, yang masing-masing bukan hanya untuk dirayakan suku atau agama tersebut saja," kata Nadiem di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Kamis, 6 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam perayaan ini, beragam atraksi disuguhkan. Mulai dari barongsai hingga aksi seni bela diri wushu. Atraksi Barongsai yang digelar di depan lobi gedung A mencuri perhatian pegawai yang melintas dan para tamu undangan.
 
Suasana Imlek pun kian kental dengan ornemen Imlek yang serba merah, seperti lampion yang dipasang di sejumlah titik di Gedung tempat Mendikbud berkantor tersebut. Selain itu digelar juga seni bela diri Wushu. Sekaligus Tarian Seribu Tangan yang merupakan simbol welas asih Dewi Kwan Im.
 
Jebolan Harvard University ini pun mengucapkan selamat merayakan Imlek kepada semua umat Tionghoa yang merayakan dan undangan yang hadir. "Gong Xi Fa Cai, Xin Nian Kuai Le," seru Nadiem.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif