Mochtar Kusumaatmadja dicalonkan sebagai pahlawan nasional. DOK Unpad
Mochtar Kusumaatmadja dicalonkan sebagai pahlawan nasional. DOK Unpad

Ketua MPR Dukung Usulan Mochtar Kusumaatmadja Jadi Pahlawan Nasional

Pendidikan MPR Unpad Pahlawan Nasional Bambang Soesatyo
Renatha Swasty • 05 Mei 2022 12:00
Jakarta: Ketua MPR Bambang Soesatyo mendukung pengusulan almarhum Mochtar Kusumaatmadja sebagai calon pahlawan nasional dari Jawa Barat tahun ini. Sejumlah hal telah dilakukan.
 
Hal itu disampaikan Bambang dalam pertemuan khusus dengan Rektor Universitas Padjajaran (Unpad) Rina Indiastuti, Ketua TP2GD Jawa Barat yang juga Guru Besar FIB Unpad Prof. Dr. Reiza D Dienaputra, Dekan Fakultas Hukum Unpad Idris, serta perwakilan tim dari FH Unpad Prita Amalia.
 
Bambang mengatakan pihaknya tidak sekadar mengirimkan surat dukungan yang ditujukan langsung ke Presiden Joko Widodo. Tetapi juga memfasilitasi berbagai kegiatan yang mendukung penguatan proses pengusulan tersebut, salah satunya penyelenggaraan seminar di Gedung MPR RI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengingatkan berbagai pihak untuk terus mengawal proses pengusulan gelar pahlawan nasional ini. Bambang juga meminta proses pengusulan jauh dari isu politik.
 
Rektor Unpad Rina Indiastuti mengatakan usulan menjadikan Mochtar Kusumaatmadja sebagai pahlawan nasional tidak hanya berasal dari sivitas akademika Unpad. Dukungan juga datang dari berbagai elemen masyarakat, termasuk pemerintah daerah dan provinsi.
 
Dia menuturkan bukti konkret dukungan Pemkot Bandung dan Pemprov Jabar terhadap pengusulan Mochtar, antara lain pemberian nama Jalan Prof. Mochtar Kusumaatmadja untuk ruas jalan yang semula lebih dikenal dengan nama Jalan Layang Pasupati.
 
Rina menyebut terdapat banyak kontribusi Mochtar untuk kemajuan NKRI. “Beliau tidak hanya sekadar pernah menjabat Rektor ke-5 Universitas Padjadjaran akan tetapi juga pernah diberi amanah sebagai Menteri Kehakiman dalam Kabinet Pembangunan II serta Menteri Luar Negeri dalam Kabinet Pembangunan III dan IV,” kata Rina dikutip dari unpad.ac.id, Kamis, 5 Mei 2022.
 
Dia menuturkan kontribusi terbesar Mochtar bagi bangsa dan NKRI adalah keberhasilan memperjuangkan Asas Negara Kepulauan selama kurang lebih 25 tahun atau sejak 1957 hingga diratifikasi dalam Sidang ke-12 UNCLOS III di Montego Bay, Jamaica, 10 Desember 1982.
 
“Keberhasilan Mochtar Kusumaatmadja tersebut berkontribusi bagi terjadinya perubahan luas wilayah Indonesia secara sangat signifikan hingga hampir dua setengah kali lipat atau dari semula 2.027.087 km (daratan) menjadi kurang lebih 5.193.250 km (darat dan laut),” papar Rina.
 
Rina mengatakan atas kontribusi besar Mochtar bagi Indonesia, dia berharap pimpinan MPR RI dapat memberikan dukungan untuk pemberian gelar pahlawan nasional kepada Mochtar Kusumaatmadja. Sementara itu, Guru Besar FIB Unpad, Reiza D Dienaputra, mengungkapkan
berkas usulan Mochtar sebagai calon pahlawan nasional telah diserahkan Pemprov Jabar ke Kementerian Sosial RI pada 24 Maret 2022.
 
Dari penilaian awal, berkas administratif dinyatakan lengkap dan memenuhi kelayakan untuk diajukan. Berkas selanjutnya akan dievaluasi oleh Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2G) Pusat. Bila lolos evaluasi, berkas selanjutnya akan diserahkan kepada Dewan Gelar untuk dievaluasi.
 
“Hasil evaluasi dari Dewan Gelar selanjutnya diserahkan kepada Presiden. Menjelang peringatan Hari Pahlawan pada 10 November 2022, nama-nama pahlawan nasional yang sudah memperoleh penetapan Presiden akan diumumkan oleh pemerintah,” kata Reiza.
 
Baca: Resmi, Jalan Layang Pasupati Berubah Nama Jadi Jalan Prof Mochtar Kusumaatmadja
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif