Calon Rektor UI 2019-2024, Budi Wiweko. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia.
Calon Rektor UI 2019-2024, Budi Wiweko. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia.

Calon Rektor Tawarkan Obat Intoleransi di UI

Pendidikan Pendidikan Tinggi Pemilihan Rektor
Citra Larasati • 20 September 2019 15:42
Jakarta: Paham radikalisme dan intoleransi menjadi tantangan bangsa Indonesia. Bibit-bibit paham radikalisme dan intoleransi ini bahkan sudah mulai tertanam saat mahasiswa.
 
Oleh karena itu diperlukan formula jitu untuk menangkal radikalisme, terutama di lingkungan perguruan tinggi. Selain itu juga meningkatkan kesadaran mahasiswa akan rasa cinta berbangsa, berbudaya, dan Tanah Air Indonesia.
 
Hal ini yang menjadi perhatian salah satu dari tiga Calon Rektor UI 2019-2024, Budi Wiweko. Profesor yang akrab dipanggil Iko ini memiliki formula jitu untuk menangkal radikalisme dan intoleransi ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam paparan calon Rektor di depan para pakar dan MWA UI Kamis, Iko, sapaan akrabnya, menawarkan mata kuliah Alive Project untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa akan rasa cinta berbangsa, berbudaya dan Tanah Air Indonesia.
 
"Nanti mahasiswa kita ajarkan mata kuliah terkait sejarah penyebaran agama, budaya bangsa, nilai-nilai empat konsensus dasar bangsa melalui seni budaya dan olahraga, serta inspirasi-inspirasi dari diaspora untuk membentuk karakter mahasiswa UI sebagai calon pemimpin bangsa," ujar Ketua Komisi Penelitian Dewan Guru Besar FK UI ini.
 
Dalam paparannya Iko juga menjelaskan Alive merupakan kepanjangan dari Art, Leadership, Innovative, Value Creation dan Empathy, sehingga diharapkan mahasiswa UI ke depan akan menjadi mahasiswa yang unggul, berkarakter pemimpin, inklusif, dan mencintai budaya Indonesia.
 
"Alive Project akan dimulai dari semester awal dan nanti mahasiswa akan kita beri tugas untuk pertunjukan seni budaya yang akan memperebutkan Piala Rektor," kata dosen Fakultas Kedokteran UI ini.
 
Iko yang menawarkan tagline UI sebagai Inspirasi Indonesia berharap dari program yang inovatif ini, bibit-bibit radikalisme dan intoleransi pada mahasiswa akan berkurang dan muncul rasa bangga terhadap NKRI.
 
Inovasi UI ALIVE Project ini juga merupakan bagian dari pengembangan kemampuan soft skill mahasiswa yang sangat diperlukan bagi calon pemimpin bangsa ini ke depan.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif