Ilustrasi. Dok. BKHM
Ilustrasi. Dok. BKHM

Kemendikbudristek Minta Kampus Vokasi Akui Jumlah SKS Mahasiswa Selama IISMA

Pendidikan Pendidikan Vokasi Vokasi Perguruan Tinggi Kemendikbudristek IISMA
Citra Larasati • 23 April 2022 09:00
Jakarta:  Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meminta perguruan tinggi vokasi yang mahasiswanya mengikuti program International Students Mobility Awards (IISMA) Edisi Vokasi untuk mengakui jumlah SKS dari pelaksanaan kegiatannya selama di luar negeri sebagai semester MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka).
 
“Kita tahu, di dalam politeknik itu sistem mata kuliahnya sudah dipaketkan setiap semesternya. Begitu memasuki program IISMA, semester ini kita sebut sebagai semester MBKM. Jadi mahasiswa tersebut tidak kehilangan semesternya tinggal melanjutkan sisa SKS yang belum diambil,” jelasnya dalam Silaturahmi Merdeka Belajar (SMB) dengan topik “IISMA Edisi Vokasi: Seru Belajar di Luar Negeri”.
 
Adapun beberapa negara yang telah mendukung program IISMA yaitu Inggris, Jerman, Korea Selatan, Jepang, Malaysia, dan Australia. Tahun ini, program IISMA Edisi Vokasi menargetkan sebanyak 400 mahasiswa vokasi baik itu pendidikan tinggi negeri maupun pendidikan tinggi swasta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagi mahasiswa program Diploma III (D3), para mahasiswa dapat mendaftar pada saat semester III. Sementara itu, bagi mahasiswa Diploma IV (D4), para mahasiswa dapat mendaftar saat semester IV atau semester VI. 
 
Pada kesempatan ini, Ketua IISMA Edisi Vokasi Hilda Cahyani menyampaikan bahwa sepuluh jurusan yang menjadi prioritas pada IISMA Edisi Vokasi yakni bidang industri, perhotelan, dan pariwisata, bidang rekayasa, bidang teknologi informasi, bidang bisnis dan manajemen, bidang akuntansi, bidang kelautan, dan maritim, bidang pengelolaan air, bidang pertanian, bidang industri kreatif, serta bidang hubungan masyarakat. 
 
“Inilah yang membedakan antara IISMA akademik dengan IISMA Edisi Vokasi. Pada IISMA Edisi Vokasi, para mahasiswa harus mengambil bidang yang ada irisannya sehingga menguatkan bidang ilmu yang mereka pelajari dan yang tidak temukan di kampusnya tapi didapatkan di kampus luar negeri,” papar Hilda.
 
Kepada para mahasiswa vokasi, Hilda berpesan untuk mengambil kesempatan ini dan jangan takut gagal. ”Kita memang harus berjuang untuk meraih ini. Kalau kita memikirkan kegagalan maka kegagalan akan datang. Tapi, kalau kita memikirkan suatu hal yang positif, kita memikirkan mimpi, itu mungkin gagal pada saat sekarang tetapi IISMA nantinya akan bisa didapatkan,” tutur Hilda. 
 
Baca juga:  Prospek Kerja Cerah, Gaji Lulusan Vokasi Bidang Kemaritiman Capai Ribuan Dolar AS
 
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) resmi meluncurkan Program Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA) Edisi Vokasi tahun 2022 pada Sabtu, 16 April 2022. Program ini menjadi salah satu implementasi dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagi mahasiswa vokasi di Indonesia untuk belajar selama satu semester di kampus luar negeri sekaligus magang di industri yang menjadi mitra kampus tersebut.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif