"Sebetulnya penggerak-penggerak pendidikan itu juga berada di luar sekolah, di lembaga non-formal yang peduli dengan isu kurikulum, ekskul, co-kurikulum," kata pemerhati pendidikan, Najeela Shihab, dalam Media Gathering: Kreasi Media untuk Pendidikan di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Kamis, 2 Mei 2024.
Menurutnya pemecahan permasahalan pendidikan mesti dilakukan koletif. Sehingga, tujuan pendidikan tercapai.
"Di mana anak-anak Indonesia bisa tumbuh dengan segala potensinya dan bisa berkontribusi," ujar inisiator Semua Murid Semua Guru itu.
Najeela mengatakan banyak pembelajaran yang bermafaat terjadi di luar ruang kelas. Pembelajaran di luar jam sekolah lebih mampu menghidupkan kreativitas anak.
"Karena pada kenyataannya ya, bahkan bukan cuma sekarang, dari dulu juga kita belajar jauh lebih banyak dalam setting luar sekolah dibandingkan dengan jam-jam yang kita habiskan di sekolah," tutur dia.
Baca juga: Nadiem Kenang Perjalanan Merdeka Belajar, Penuh Perjuangan |
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News