Gubernur Bali I Wayan Koster. Foto: Antara/Wira Suryantala
Gubernur Bali I Wayan Koster. Foto: Antara/Wira Suryantala

Pemprov Bali Instruksikan Seleksi PPDB Lewat Nilai UN

Pendidikan PPDB 2019
Intan Yunelia • 07 Juli 2019 07:30
Jakarta: Gubernur Bali, I Wayan Koster mengeluarkan surat edaran yang mengatur seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 di jenjang SMA/SMK negeri pada tahap kedua berdasar hasil nilai Ujian Nasional (UN). Hal ini memaksimalkan jumlah siswa yang belum tertampung.
 
“Terkait SE (surat edaran) ini karena masih banyak siswa yang belum tertampung. Maka kami mengoptimalkan kapasitas yang ada,” kata Koster dilansir Antara, Sabtu, 6 Juli 2019.
 
Pemprov Bali memaksimalkan jumlah rombongan belajar per kelas dari 36 menjadi 40 siswa atau dengan menambah jumlah kelas baru. Seleksi tahap kedua dimaksimalkan untuk memenuhi rombongan belajar itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sehingga siswa yang tidak tertampung bisa tertampung dalam tahap berikutnya ini,” ujarnya.
 
Sementara itu, jika seleksi PPDB dengan nilai UN ini masih ada siswa yang belum tertampung, maka akan dikoordinasikan dengan sekolah swasta. Dalam SE Gubernur Bali tertanggal 5 Juli 2019 itu disebutkan bahwa surat edaran itu dibuat untuk menindaklanjuti Surat Ketua DPRD Provinsi Bali Nomor 420/2028/DPRD, tanggal 4 Juli 2019 perihal rekomendasi terkait PPDB SMA/SMK Negeri Provinsi Bali. mengingat kondisi beberapa sekolah yang daya tampung PPDB SMA dan SMK provinsi Bali tahun pelajaran 2019/2020.
 
Kriteria calon pesera di antaranya, pertama telah dinyatakan lulus SMP/sederajat. Kedua memiliki sertifikat hasil UN dan daftar kolektif hasil UN SMP sederajat. Ketiga calon peserta berusia paling tinggi 21 tahun awal pelajaran 2019/2020. Keempat calon peserta didik baru yang telah dinyatakan tidak lulus pada seleksi PPDB tahun 2019/2020 tidak diperkenankan untuk mengikuti PPDB tahun ini. Kelima, calon peserta didik baru hanya dapat melakukan proses pendaftaran satu kali dengan satu sekolah pilihan dan menandatangani Surat Pernyataan tidak mendaftar di sekolah swasta.
 
“Untuk mekanisme seleksi dalam SE tertera calon peserta didik yang diterima berdasarkan perengkingan prestasi nilai UN,” tuturnya.
 
Pendaftaran dilaksanakan pada tanggal 6 dan 7 Juli 2019. Mulai pukul 08.00 Wita hingga 14.00 Wita. Perengkingan pada 8 Juli 2019. Pengumuman PPDB pada 9 Juli 2019. Dan pendaftaran ulang pada 10, 12 Juli 2019.
 

(DMR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif