Istilah-istilah perhotelan (Foto: Pixabay)
Istilah-istilah perhotelan (Foto: Pixabay)

Belajar Istilah-Istilah Perhotelan, Simak Yuk Biar Nggak Cuma Tahu Booking Sama Check In Aja

Muhammad Syahrul Ramadhan • 30 November 2023 22:17
Jakarta: Bagi Sobat Medcom tentu tidak asing dengan istilah perhotelan check in, check out atau booking. Namun, ternyata masih banyak istilah perhotelan lho, simak penjelasan lengkapnya di sini.
 
Mengetahui istilah-istilah perhotelan ini penting bagi Kamu yang baru pertama kali menginap di hotel. Dengan mengetahuinya akan memudahkanmu selama menginap.
 
Selain itu, bagi yang berniat melanjutkan studi mengambil perhotelan juga perlu mengetahui istilah perhotelan. 

Istilah-Istilah Perhotelan

Berikut ini istilah-istilah perhotelan seperti dikutip dari Instagram Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif @kemenparekraf.ri:

Istilah saat keluar masuk hotel

  1. Booking atau reserve: Memesan kamar.
  2. Check-in: Proses masuk saat menermia kunci pertama kali
  3. Early Check-in: Tamu yang datang atau masuk kamar sebelum waktu check-in.
  4. Check-out: Selesai menginap dan keluar dari hotel
  5. Late check-out: Waktu tambahan yang diberikan oleh pengelola hotel setelah melewati batas check-out.
  6. Extend: Perpanjangan waktu menginap.
  7. Bill: Tagihan hotel.
Belajar Istilah-Istilah Perhotelan, Simak Yuk Biar Nggak Cuma Tahu Booking Sama Check In Aja

Tingkatan tipe kamar

  1. Standard room: Kamar hotel dengan fasilitas paling dasar.
  2. Superior room: Kamar yang fasilitasnya sedikit lebih baik daripada kamar standar.
  3. Suite room atau Presidential suite: Kamar hotel paling mewah, hingga menyerupai penthouse.
  4. Family room: Cocok untu satu keluarga, kamar ini biasanya dilengkapi dengan 1 ranjang besar dan 1 ranjang kecil untuk anak.
  5. Connecting room: Dua kamar bersebelahan yang memiliki pintu penghubung.
Belajar Istilah-Istilah Perhotelan, Simak Yuk Biar Nggak Cuma Tahu Booking Sama Check In Aja
(Ilustrasi tipe kamar hotel Foto: Shutterstock)

Status kamar

  1. Vacant: Kamar kosong.
  2. Booked: Kamar telah dipesan.
  3. Fully booked: Seluruh kamar di hote telah habisa terpesan.
  4. Occupied: Kamar terisi tamu.
  5. Sleep out: Kamar berisi tamu, tapi tidak di kamar.
  6. Vacant dirty: Kamar kosong tetapi kotor.
  7. Vacant ready: Kamar kosong yang sudah bersih dan siap menerima tamu.

Pekerja hotel

  1. Front office atau Recepcionist: Petugas yang melayani tamu saat check-in dan check-out.
  2. Bell boy: Petugas yang bertanggung jawab membantu tamu hotel dengan tugas-tugas seperti mengangkat koper, membersihkan kamar, melakukan pembelian barang dan tugas-tugas pelayanan lainnya.
  3. Housekeeper: Pegawai yang bertanggung jawab untuk membersihkan kamar dan menjaga kebersihan area hotel.
  4. Waitstaff: Pegawai restoran di dalam hotel yang melayani tamu selama makan dan minum.
  5. Concierge: Pekerja hotel yang memberikan informasi kepada tamu, membantu dalam reservasi dan pengaturan aktivitas di luar hotel.
 
Baca juga: Simak, Ini 20 Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula
 

Makanan

  1. A la carte: Penyajian makanan dengan cara taking order, seperti di warung atau lesehan. 
  2. Breakfast: Sarapan.
  3. Buffet: Penyajian makanan dengan model prasmanan.
  4. Clear up:Proses mengambil peralatan makan yang sudah tidak terpakai.
  5. Cocktail: Minuman campuran beralkohol dan bahan lainnya seperti jus buah atau sirup.
  6. Liquor/Liqueurs: Minuman beralkohol.
  7. Mocktail: Minuman tanpa alkohol yang terbuat dari campuran jus buah, soda, dan sirup gula.
  8. Sunny side up: Telur mata sapi dengan kuning telur setengah matang.

Harga dan Pembayaran

  1. Deposit: Jumlah uang yang harus dibayar oleh tamu saat check-in sebagai jaminan dan akan dikembalikan saat check-out.
  2. Incidental charges: Biaya tambahan yang mungkin timbul selama menginap, seperti mini bar atau panggilan telepon.
  3. Late check-out fee: Biaya tambahan jika check-out lebih dari waktu yang ditentukan.
  4. Early check-in fee: Biaya tambahan jika ingin check-in sebelum waktu standar.
  5. No-show fee:Biaya yang dikenakan jika tamu tidak datang dan tidak memberikan pemberitahuan pembatalan.
  6. Room upgrade fee: Biaya tambahan untuk meng-upgrade jenis kamar yang telah dipesan.
  7. Service charge: Biaya tambahan jika ingin check-in sebelum waktu standar.
  8. Cancellation fee: Biaya pembatalan reservasi setelah batas waktu yang ditentukan.
  9. Gratuity: Uang tip.



 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(RUL)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan