Suasana UTBK di Pusat UTBK Universitas Negeri Jakarta. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Suasana UTBK di Pusat UTBK Universitas Negeri Jakarta. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

Peserta UTBK Mengaku Kurang Nyaman Ikuti Tes Luring

Pendidikan Penerimaan Mahasiswa Baru UTBK Perguruan Tinggi SBMPTN 2021
Ilham Pratama Putra • 13 April 2021 07:02
Jakarta: Alfin Raihan, mengaku kurang nyaman mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2021 secara luring. Sebab, banyak persyaratan harus dipenuhi dan dilakukan lantaran ujian berlangsung di tengah pandemi covid-19.
 
"UTBK di tengah pandemi sebenarnya kurang nyaman sih. Banyak persyaratan. Apalagi tadi ujian mesti pakai sarung tangan, agak susah megang pulpen untuk nyoret-nyoret," kata Alfin sesaat setelah selesai ujian di pusat UTBK Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Senin 12 April 2021.
 
Alfin justru tak terlalu khawatir dengan potensi penularan covid-19 di lokasi UTBK. Terlebih, lokasi dirinya menjalani tes di Pusat UTBK UNJ, mewajibkan seluruh peserta menjalani swab antigen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena sudah ada antigen ya kekhawatirannya bisa agak turun. Ya kalau di UNJ yang bisa bikin agak nyamannya karena itu tadi (swab antigen)," ungkapnya.
 
Baca: ITB Tampung 23.705 Peserta UTBK-SBMPTN 2021
 
Kepala Satgas Covid-19 UNJ, Ruliando Hasea Purba menyatakan swab antigen menjadi syarat wajib bagi peserta di Pusat UTBK UNJ. Pihaknya juga menyediakan layanan gratis swab antigen untuk 5.000 peserta UTBK-SBMPTN.
 
"Mereka kan mengisi pendaftaran di Google Form yang kita sosialisasikan di media sosial kita. Ya satu hari tidak sama per harinya. Intinya diberikan maksimal per gelombang itu 2.500 peserta," ungkap Ruliando.
 
Kuota pendaftaran swab antigen untuk UTBK di UNJ telah penuh. Peserta yang tidak mendapat kesempatan swab antigen gratis di UNJ, diharapkan melakukan swab mandiri minimal satu hari sebelum ujian.
 
"Jadi sekarang udah penuh, dan bisa swab mandiri. Ini kita bantuan dari Dinas Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)," tutur Kepala Klinik UNJ tersebut.
 
UTBK untuk SBMPTN 2021 berlangsung mulai kemarin. UTBK tetap digelar secara luring atau secara langsung di 74 pusat UTBK berbagai daerah Indonesia, meskipun dalam suasana pandemi covid-19.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif