Anggota Pramuka dalam Karya Bakti Lebaran (KBL) 2022 membantu masyarakat mudik. Foto: Branda Antara/Livia Kristianti
Anggota Pramuka dalam Karya Bakti Lebaran (KBL) 2022 membantu masyarakat mudik. Foto: Branda Antara/Livia Kristianti

Karya Bakti Lebaran 2022

Meski Berpuasa, Pramuka Turun ke Jalan Kawal Mudik Aman di Ibu Kota

Pendidikan Pramuka Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Antara • 29 April 2022 18:16
Jakarta:  Siapa yang tidak mengenal Pramuka? Bagi masyarakat Indonesia hampir seluruhnya mengenal Pramuka sebagai salah satu kegiatan sekolah yang penuh dengan pendidikan di luar ruangan.
 
Meski begitu sesungguhnya hal itu hanya sebagian kecil dari manfaat kegiatan Pramuka yang sudah ada di Indonesia hampir satu abad lamanya.  Dengan mengangkat semangat generasi muda yang tolong menolong, Pramuka memiliki tujuan mulia yang semuanya tertuang dalam pedoman wajib mereka yaitu Dasa Darma Pramuka.
 
Itu pulalah yang mendasari Pramuka hadir di tengah-tengah tradisi mudik yang kembali diadakan di Tanah Air setelah dalam dua tahun terakhir pelaksanaannya dibatasi akibat pandemi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tampil dengan seragamnya yang lengkap berwarna coklat dan ekspresi mata yang terlihat sumringah meski wajahnya tertutup masker.  Para generasi muda yang tergabung dalam pramuka hadir membantu para pemudik di lokasi-lokasi keberangkatan seperti terminal bus, stasiun kereta, dan pelabuhan kapal agar kegiatan kembali ke Kampung Halaman dari Ibu Kota pun dapat berjalan dengan lancar tanpa terkendala.
 
Salah satunya adalah Dodo (18), seorang anggota Pramuka Penegak yang bertugas membantu para pemudik di Terminal Terpadu Pulo Gebang.  Baginya ini pertama kalinya ia terlibat dan terjun langsung untuk membantu para pemudik dalam program bernama Karya Bakti Lebaran (KBL) 2022.
 
Meski ia harus bersiap sejak pagi buta dan masih dalam kondisi menjalankan ibadah puasa, Dodo tetap semangat membantu para pemudik dalam hal menunjukkan arah hingga membawakan barang bawaan dari para pemudik di terminal yang luas itu.  "Memang Pramuka selalu hadir ya setiap mudik Lebaran, tapi karena ini pertama kalinya saya ikut tentu ini jadi momen berkesan. Saya semangat buat bantu orang-orang yang mau mudik ini," kata Dodo di sela istirahatnya.
 
Dodo tidak sendiri, di Terminal Terpadu Pulo Gebang ada 19 anggota pramuka lainnya yang memiliki tugas membantu para pemudik agar bisa nyaman dan aman bersiap melakukan tradisi pulang kampung menjelang perayaan Idul Fitri 1443H.
 
Anggota Pramuka lainnya ikut membagikan kisahnya dalam membantu para pemudik, ia adalah Rizal yang merasa keterlibatannya membantu para pemudik telah memberikan kepuasan pada batinnya karena bisa secara nyata mengabdi langsung kepada masyarakat dan komunitas.
 
"Senang bisa bantu para pemudik, hatinya ikut senang gitu. Misalnya kayak bantu pemudik lansia kemarin itu pas sudah selesai membantu ada rasa puas gitu," kata Rizal.
 
Meski bagi orang-orang lain bantuan yang diberikan oleh para anggota Pramuka ini terlihat remeh, seperti menunjukkan arah lokasi, mengantarkan ke akses lift, hingga mengangkut barang.
 
Baca juga:  4.500 Personel TNI Dibekali Kompetensi Mengajar, Kawal Pendidikan di Daerah 3T
 
Namun, sebenarnya kontribusi mereka sangatlah berarti dan berdampak besar untuk memastikan tak ada kendala yang mengganggu proses mudik.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif