Ilustrasi: MI/Barry Fatahillah
Ilustrasi: MI/Barry Fatahillah

Ini Dokumen yang Wajib Dibawa Peserta UTBK 2022, Jangan Sampai Ketinggalan!

Muhammad Syahrul Ramadhan • 16 Mei 2022 18:51
Jakarta: Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengingatkan peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022 untuk mempersiapkan diri. Termasuk menyiapkan dokumen yang wajib dibawa saat ujian.
 
Pelaksanaan UTBK untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 akan segera dimulai. Gelombang pertama akan dimulai besok 17-23 Mei 2022.
 
Meski akan dimulai besok, ternyata banyak peserta yang menanyakan terkait dokumen yang perlu dibawa. Menanggapi hal tersebut Tim Pelakasana  LTMPT mengeluarkan surat edaran yang berisi dokumen yang wajib dibawa peserta saat ujian.

Dokumen yang wajib dibawa peserta UTBK 2022

  1. Kartu Tanda Peserta UTBK-SBMPTN 2022
  2. Bagi Angkatan 2022, Surat Keterangan Kelas 12 asli yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah serta berisi: nama siswa, NISN Siswa, NPSN Sekolah, dilengkapi dengan pasfoto berwarna terbaru, dan dibubuhi cap sekolah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) dengan atau tanpa pasfoto atau Ijazah/Legalisir Ijazah
  3. Bagi lulusan 2020 dan 2021: Ijazah/Legalisir Ijazah
  4. Identitas diri lain seperti KTP, SIM, atau Kartu Pelajar.
Dalam surat edaran tersebut LTMPT juga menginformasikan hal-hal yang perlu dilakukan peserta ujian. Beriku ini hal-hal yang perlu dilakukan:
  • Mengenakan masker pada saat berada di lokasi ujian dan menjaga jarak fisik.
  • Mengenakan baju bebas (kemeja atau kaos berkerah), sopan, dan bersepatu.
Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT mengingatkan agar peserta tidak datang terlambat. Untuk itu disarankan agar sudah tiba di lokasi UTBK satu jam lebih cepat dari jadwal yang ditentukan. "Datang lebih awal dan jangan terlambat," serunya.
 
Peserta juga diminta untuk mencari informasi dan mengecek lokasi ujian satu hari sebelumnya.  termmasuk mengukur jarak serta waktu tempuh antara rumah dan lokasi ujian, agar di hari H pelaksanaan dapat terhindar dari keterlambatan.
 
Bagi peserta yang mendapat lokasi UTBK namun tidak diperkenankan untuk melakukan cek lokasi secara langsung, Budi meminta peserta untuk mencari informasi lokasi secara daring.
 
"Kalau tidak diizinkan cek lokasi luring pasti sudah dibuatkan video yang bisa dipahami dengan mudah," imbuhnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pelaksanaan UTBK 2022 akan dibagi ke dalam dua gelombang.  Untuk gelombang I akan digelar mulai 17-23 Mei 2022, sedangkan UTBK gelombang II mulai 28 Mei-3 Juni 2022.  Informasi lengkap seputar PMB PTN 2022 dapat diakses langsung melalui laman Itmpt.ac.id dan media sosial @ltmptofficial.
 
 
 
(RUL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif