Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

SOM G20: Kemendikbudristek Dorong Kebudayaan untuk Hidup Berkelanjutan

Pendidikan Kebudayaan pandemi covid-19 Kemendikbudristek G20 pembangunan berkelanjutan
Ilham Pratama Putra • 22 April 2022 12:40
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bakal memimpin Pertemuan Tingkat Menteri Kebudayaan G20. Kemendikbudristek menggelar 1st Senior Officials Meeting (SOM) G20, hari ini, Jumat, 22 APril 2022.
 
Kemendikbudristek mengangkat tema "Kebudayaan untuk Hidup yang Berkelanjutan” dalam SOM. Kemendikbudristek ingin budaya menjadi jalan menghadirkan hidup berkelanjutan.
 
"Untuk pulih bersama dari pandemi dan pulih lebih kuat, kita membutuhkan gaya hidup baru yang lebih berkelanjutan,” kata Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid pada Taklimat Media: G20 First Culture Senior Officials Meeting, Jumat, 22 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hilmar mengakui pandemi covid-19 menjadi pemicu kuat atas kesadaran kehidupan berkelanjutan. Dia berharap negara-negara G20 melakukan refleksi terkait budaya.
 
“Pandemi telah mengungkapkan kerentanan laten dalam gaya hidup modern kita. Kita tidak lagi berbicara tentang kemiskinan, ketidaksetaraan, ketidakadilan, tetapi tentang kelangsungan hidup manusia sebagai spesies," tutur dia.
 
Hilmar mengatakan ada dua tujuan utama Kemendikbudristek mengambil kepemimpinan G20 bidang kebudayaan. Pertama, membangun konsensus global untuk normal baru berkelanjutan. Kedua, menginisiasi agenda pemulihan global melalui pembentukan jaringan aksi bersama di bidang kebudayaan.
 
Hilmar mengatakan SOM G20 bidang kebudayaan akan terus fokus membahas peran budaya dalam mempromosikan kehidupan berkelanjutan. Seluruh kemampuan dalam budaya akan digali semaksimal mungkin.
 
“Pertemuan akan mengeksplorasi kemungkinan normal baru, yaitu transisi menuju kebijakan pembangunan yang lebih berorientasi pada keadilan sosial-ekologis berdasarkan keragaman sumber daya budaya,” tutur Hilmar.
 
Baca: Kemendikbudristek Harap Negara G20 Komitmen Hadirkan Pendidikan Berkualitas
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif