Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Permendikbudristek PPKS Diminta Menyesuaikan UU TPKS

Pendidikan kekerasan seksual RUU TPKS Permendikbud PPKS Permendikbud Pencegahan Kekerasan Seksual
Ilham Pratama Putra • 15 April 2022 22:03
Jakarta: Undang-undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS) telah disahkan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) diminta untuk melakukan penyesuaian terhadap Permendikbudristek nomor 30 tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di lingkungan perguruan tinggi.
 
"Permendikbudristek 30 tahun 2021 dan semua peraturan di kampus terkiat TPKS harus menyesuaikan dengan UU TPKS ini," kata Rektor Universitas Widya Mataram, Edy Suandi Hamid kepada Medcom.id, Jumat 15 April 2022.
 
Sementara itu, Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), Jamal Wiwoho mengatakan, jika UU TPKS merupakan regulasi umum. Sedangkan Permendikbudristek PPKS dapat menjadi regulasi secara khusus di perguruan tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"UU TPKS merupakan regulasi umum atau lex generalis dan Permendikbudristek tentang PPKS bisa sebagai regulasi secara khusus atau lex spesialis bagi PPKS di lingkungan perguruan tinggi sesuai Permendikbudristek," terang Jamal.
 
Sebelumnya, Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Diktiristek), Nizam menyambut baik adanya UU TPKS tersebut. Adanya UU TPKS malah menjadi kekuatan berjalannya Permendikbudristek 30 tahun 2021.
 
"Memperkuat implementasi Permendikbudristek 30 tahun 2021," kata Nizam kepada Medcom.id, Rabu 13 April 2022.
 
Baca juga:  Guru besar: Permendikbudristek PPKS Instrumen Paling Ditunggu Kampus
 
Bahkan pihaknya bersyukur akan hadirnya UU TPKS tersebut. Pengesahan UU TPKS akan sangat berpengaruh terhadap penanganan kekerasan seksual di perguruan tinggi.
 
"Kita bersyukur UU TPKS sudah disahkan. Kehadiran UU tsb tentunya memperkuat upaya kita mencegah dan menangani kekerasan seksual di lingkungan pendidikan, termasuk di kampus," pungkas Nizam.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif