Head of Corporate Communications Metro TV, Fifi Aleyda Yahya. Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.
Head of Corporate Communications Metro TV, Fifi Aleyda Yahya. Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.

Belajar Jurnalistik, Santri Makin Cerdas Memilah Informasi

Pendidikan Metro TV Berbagi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 18 Juli 2019 18:01
Bogor: Program "Metro TV Berbagi" menggelar Pelatihan Jurnalistik di Pondok Pesantren Daarul Uluum Lido, Bogor, Jawa Barat. Dalam pelatihan tersebut, santri diajak untuk semakin bijak dan cerdas dalam memilah informasi.
 
Head of Corporate Communications Metro TV, Fifi Aleyda Yahya berharap melalui pelatihan jurnalistik, santri bisa semakin cerdas dalam memilih berita yang benar dan bisa dipercaya.
 
"Kami tekankan adalah adik adik para santri yang cerdas itu memiliki bekal ilmu agar bisa mengetahui berita mana yang bisa dipercaya dan benar. Itu adalah bekal," kata Fifi saat memberi sambutan di Pondok Pesantren Daarul Uluum, Bogor, Kamis, 18 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fifi berharap, pelatihan jurnalistik yang diberikan Metro TVnantinya bisa menjadi bekal para santri. Mengingat banyaknya informasi yang belum terverifikasi kebenaranya membanjiri lewat berbagai saluran, terutama di media sosial.
 
"Mudah-mudahan semakin banyak yang mengerti dan memahami kalau mendapatkan informasi katakanlah melalui Whatsapp, mereka bisa melihat sumber informasi dari mana, kemudian bisa mendapatkan informasi yang ini sudah pasti hoaks," ujarnya.
 
Baca:'Metro TV Berbagi' Beri Pelatihan Jurnalistik di Daarul Uluum
 
Untuk itu, para santri langsung mendapatkan ilmu dari dua narasumber yang dihadirkan. Yakni Andi SG yang merupakan jurnalis senior Metro TV bersama Wahyu Wiwoho,News Anchor Metro TV.
 
"Itulah ilmu yang diberikan oleh Andi SG jurnalis senior kita dan Wahyu Wiwoho yang nanti menekankan simulasi simulasi adik-adik tampil di depan kamera dan sebagainya atau membuat sebuah paket pendek," katanya.
 
Selain itu, pelatihan jurnalistik ini akan melatih para santri memproduksi sebuah berita di televisi. Sekaligus langsung praktik liputan. "Mereka akan praktik langsung, kita kasih kesempatan mereka live report. Contoh misal melaporkan kegiatan di sini atau kegiatan yang mereka ingin laporkan lainya. Lalu kita koreksi langsung, kita diskusikan baiknya seperti ini. Cara menyampaikan informasi dengan baik dan benar," ujar Fifi.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif