Duta Besar Uni Eropa, Vincent Piket. Foto: Zoom
Duta Besar Uni Eropa, Vincent Piket. Foto: Zoom

140 Universitas Eropa Gelar Pameran Pendidikan Virtual

Pendidikan Pameran Pendidikan Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 18 November 2020 20:22
Jakarta: Sebanyak 140 universitas terkemuka di Eropa turut dalam pameran pendidikan European Higher Education Fair (EHEF) 2020. Mereka hadir di Indonesia untuk memberikan pengetahuan dan informasi tentang studi dan kuliah di Eropa.
 
"Memberi kesempatan bagi para mahasiswa, dosen dan peneliti untuk dapat bertemu dan berdiskusi secara online dengan perwakilan dari universitas-universitas di Eropa," ujar
Duta Besar Uni Eropa, Vincent Piket dalam konferensi pers virtual, Rabu, 18 November 2020.
 
Pameran ini akan diisi dengan rangkaian webinar. Mulai dari presentasi dari sejumlah perguruan tinggi di Eropa serta pameran virtual EHEF.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pameran pendidikan secara virtual ini akan berlangsung mulai 21-28 November 2020. Adapun 140 universitas itu berasal dari 12 negara Uni Eropa.
 
Di antaranya, Belgia, Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Denmark, Spanyol, Irlandia, Finlandia, Swedia, Hungaria, Polandia, serta Inggris, dan Swiss. Vincent menyatakan EHEF ke 12 ini terpaksa digelar secara virtual karena adanya pandemi covid-19 yang juga melanda Indonesia.
 
"Namun akhirnya pengunjung pameran bisa lebih luas, bisa dari seluruh Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua, dari Kalimantan Utara hingga Sumba untuk dapat berpartisipasi secara online,” sambung Vincent.
 
Baca juga:Mas Menteri, Masih Efektifkah Belajar Daring?
 
Acara inipun turut menggandeng Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dirjen Pendidikan Tinggi, Kemendikbud, Nizam menyebut EHEF 2020 menjadi ladang informasi bagi dosen dan mahasiswa di Indonesia untuk mengetahui lebih banyak tentang studi di eropa.
 
Bahkan, Nizam ingin diskusi virtual itu nantinya membuahkan kerja sama baru. Saalah satunya agar perguruan tinggi di Indonesia dapat bekerja sama dengan universitas di Eropa.
 
"Kami ingin mengajak universitas di Indonesia untuk meningkatkan kemitraan dan kerja sama di bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan dengan universitas-universitas top Eropa. Acara ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk saling mengenal dan membina persahabatan dan kerja sama antara institusi pendidikan tinggi Eropa dan Indonesia,” pungkas Nizam.

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif