Salah satu Gedung di Universitas Indonesia, UI/Humas.
Salah satu Gedung di Universitas Indonesia, UI/Humas.

UI Terima 1.656 Mahasiswa Baru Lewat SNMPTN

Pendidikan SNMPTN/SBMPTN 2019
Intan Yunelia • 23 Maret 2019 12:00
Jakarta: Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 telah diumumkan, Jumat, 22 Maret 2019. Seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) kini disibukkan dengan tahapan selanjutnya, yakni pendaftaran ulang calon mahasiswa hasil seleksi di jalur undangan tersebut.
 
Universitas Indonesia (UI) menerima 1.656 mahasiswa baru S1 Reguler dari total pendaftar SNMPTN 2019 sebanyak 18.733 peserta. Informasi registrasi (daftar ulang)mahasiswa baru UI yang diterima melalui SNMPTN 2019 dapat dilihat secaraonline di laman https://penerimaan.ui.ac.id dengan mengisikan nomorpeserta SNMPTN.
 
Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru, Untung Yuwono mengatakan, pada tahun ini, UI menerima mahasiswa baru S1 Reguler melalui tiga jalurpenerimaan, yaitu SNMPTN (dengan kuota 30 persen), SBMPTN (40 persen) danSIMAK UI (30 persen).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bagi mahasiswa yang dinyatakan diterima di UImelalui SNMPTN 2019 harus menjalankan serangkaian kegiatan," kata Untung.
 
Baca:Lolos SNMPTN, Siswa Tak Bisa Lagi Ikut SBMPTN
 
Kegiatan tersebut meliputi, verifikasi rapor di mana calon mahasiswa baru diwajibkan hadir dan
tidak dapat diwakilkan pada 26, 27 dan 28 Maret 2019 di Balairung UIKampus Depok. Tahapan verifikasi rapor tersebut calon mahasiswa diwajibkan membawa kelengkapan berupa Kartu Tanda Peserta SNMPTN tahun akademik 2019, rapor asli dan satu salinannya yang sudah dilegalisasi.
 
Selain itu juga surat Keterangan Kepala Sekolah, untuk berjaga-jaga jika ada kesalahan data diri padasaat pendaftaran online SNMPTN. "Calon mahasiswa baru dianggapmengundurkan diri apabila tidak mengikuti proses verifikasi rapor," tegas Untung.
 
Bagi calon mahasiswa yang lolos verifikasi rapor, harus melakukankonfirmasi pilihan kelas pengajuan pembayaran. Konfirmasi wajib dilakukan secara online di laman penerimaan.ui.ac.id mulai tanggal 29-31 Maret 2019 pukul 23.59 WIB.
 
Pada 29 Maret hingga 22 April 2019, calon mahasiswa jugadiharuskan mengisi https://pra-registrasi.ui.ac.id dan memilih jadwalpemeriksaan kesehatan di Klinik Satelit Kampus UI Depok melalui lamantersebut. Untuk pembayaran biaya pendidikan melalui ATM/Teller Bank BNI, ATM Permata,ATM/Teller CIMB Niaga, ATM Bukopin, Teller BTN, ATM/Teller Mandiri danATM BRI dengan menggunakan NPM yang diperoleh saat pengumuman hasilSNMPTN (periode pembayaran tanggal 29 Maret hingga 22 April 2019).
 
Calon mahasiswa baru diwajibkan hadir dan tidak dapat diwakilkan padakegiatan Registrasi Akademik di Balairung UI, Kampus UI Depok, pada 23 April 2019. Kelengkapan yang dibawa saat registrasi akademik di antaranyaKartu Tanda Peserta SNMPTN tahun akademik 2019/2020 yang telahdistempel verifikasi rapor pada Tahap IV.
 
Calon mahasiswa juga harus membawa Surat Pernyataan bermeterai sebagai Mahasiswa UI sesuaiformat yang diunduh dari laman https://pra-registrasi.ui.ac.id), membawa Surat Pernyataan bermaterai Biaya Pendidikan (sesuai formatyang diunduh dari laman https://penerimaan.ui.ac.id.)

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif