Dosen dan Pengelola RPL Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Hanhan Dianhar. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Dosen dan Pengelola RPL Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Hanhan Dianhar. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Program Rekognisi Pembelajaran Lampau Jadi Solusi Penyetaraan Masa Studi Perguruan Tinggi

Pendidikan pendidikan Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi UNJ
Ilham Pratama Putra • 19 April 2022 12:33
Jakarta: Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) merupakan satu proses pengakuan atas capaian pembelajaran. Dosen dan Pengelola RPL Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Hanhan Dianhar, mengatakan hasil belajar seseorang di pendidikan formal dan non formal dapat disetarakan melalui program tersebut.
 
"Bagaiman kualifikasi mereka di jenjang tertentu ini ada kerangka kualifikasi nasional yang capaian pembelajarannya itu kita bisa setarakan di perguruan tinggi," ujar Hanhan dalam podcast Dikti Menyapa, dikutip Selasa, 19 April 2022.
 
Dia menjelaskan RPL telah memiliki payung hukum. Yaitu Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 41 Tahun 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi, memang program RPL ini terkait dengan upaya perguruan tinggi dalam memperluas akses pendidikan dan juga memperkuat relevansi lulusan," tutur dia.
 
Program RPL juga dapat mempersingkat masa studi mahasiswa. Sebab, penyetaraan dapat mengurangi beban SKS saat memulai perkuliahan.
 
"Jadi, ini memang juga untuk memotong masa studi. Untuk yang sudah bekerja atau memiliki pengalaman dan pendidikan informal dan formal di luar kampus tentu ini bisa dikatakan sangat membantu ya," tutur dia.
 
Baca: PPI Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau FTUI, Jadi Insinyur Dalam 1 Semester Saja
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif